header_ads

Linguaphone.id

Kabupaten Bogor Siapkan 5062 Pos PIN Polio

Kemenkes serukan warga bawa Balita ke Pos PIN Polio 

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahun 2016 secara serentak dimulai Selasa (8/3) besok. “Kita imbau warga membawa balita ke Pos PIN terdekat untuk diimunisasi. Ingat, sekali terkena polio, seumur hidup cacat. Kita tak bisa mengobati polio, yang bisa dilakukan adalah mencegah,” kata Kepala Bidang P2PKL Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor dr.Kusnadi, kemarin.

Dirinya mengakui banyak tantangan yang dihadapi untuk menyukseskan imunisasi, mulai dari ketidaktahuan masyarakat hingga persoalan kesalahpahaman. Masih ada warga yang berpikir bahwa imunisasi haram atau menggunakan barang-barang yang diharamkan. 

“Majelis Ulama Indonesia secara resmi menyatakan dukungan untuk imunisasi di Indonesia, termasuk PIN Polio 2016, sebagaimana tercantum dalam Fatwa MUI Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Imunisasi,” kata dr.Kusnadi.

Menurutnya, polio bisa menyebabkan kelumpuhan balita. Sekali kena virus, seumur hidup cacat, bahkan ada yang menyebabkan kematian. 

"Itulah sebab mengapa memberantas penyakit ini amat penting, hingga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melakukan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio secara bertahap," tambahnya. (Als)
Diberdayakan oleh Blogger.