header_ads

Linguaphone.id

Disbudpar Gelar Pasanggiri Seni Sunda

Disbudpar Akan Gelar Pasanggiri Seni Sunda 2016 

Guna mengembangkan seni budaya tradisional Sunda, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor menggiatkan program pemberdayaan sanggar kesenian melalui kegiatan lomba.

Kepala Seksi Kesenian pada Disbudpar Kabupaten Bogor, Heni Widiawati menjelaskan terselenggaranya untuk melestarikan tahun kegiatan ini untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya tradisional Sunda melalui lomba Pasanggiri Seni Sunda 2016.

"Sasaran lomba tahun ini adalah generasi muda dan pelajar dengan tujuan menanamkan kesadaran kepada cinta seni budaya luhur. Ini cermin pendekatan kearifan lokal  dikalangan generasi muda dan pelajar," jelas dia dikantornya,

 Kegiatan ini rutin digelar setiap tahun, lanjut Heni, kategori lomba meliputi Tembang Sunda, Tari Klasik, Tari Jaipong remaja putri dan anak anak akan berlangsung mulai 26-27 Maret 2016 di Robinson Cibinong City Point.

"Kriteria penilaian meliputi peragaan keterampilan tari, dinamika keselarasan tari, ekspresi penghayatan saat menari, penampilan dan kostum yang selaras serta penguasaan panggung. Juri kita gandeng dari akademisi dan ahli dibidang seni tari tradisional," ungkapnya.

Terpisah, Bendahara Sanggar Satria Lubigar Ciomas, Sunardi mengaku akan mengirim anak didiknya untuk disertakan mengikuti even tahunan ini melalui lomba tari klasikn tari jaipong anak dan remaja. "Sejak tahun 2012 kami sudah menyabet juara 1 tari jaipong perorangan maupun kelompok. Tahun ini kami optimis meraih prestasi lebih gemilang," imbuhnya. (red)
Diberdayakan oleh Blogger.