Header Ads

Dinkes Kabupaten Bogor Jamin Vaksin Polio Halal

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio akan digelar 8-15 Maret 2016 

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor menyatakan Vaksin Polio yang akan diberikan kepada Balita dijamin Aman dan Halal. “Hal ini berdasarkan Fatwa MUI nomor 4 tahun 2016 bahwa semua vaksin produk Indonesia adalah aman dan halal. Maka kami menghimbau kepada warga untuk membawa balitanya ke pos PIN Polio,“ papar Kabid P2PKL Dinkes Kab Bogor dr.Kusnadi, Rabu (2/3/2016)

Pihaknya menargetkan sebanyak 538.931 Balita usia 0-59 bulan akan di imunisasi polio serentak pada tanggal 8 Maret 2016 sampai 15 Maret 2016. "Dari jumlah itu kami targetkan tercapai 95 persen Balita yang di imunisasi polio, sebab berdasar program kesehatan dunia bahwa polio harus tuntas pada tahun 2020," jelasnya. 

Menurutnya ada kemungkinan jumlah Balita akan bertambah oleh sebab itu Dinkes Kab Bogor menyediakan 5000 Pos PIN Polio tahun ini dengan dukungan 15.584 kader serta 1643 tenaga kesehatan. "Pelaksanaannya nanti selama 3 hari imunisasi polio dilakukan di Pos PIN dan 4 hari dimanfaatkan petugas dan kader untuk sweeping atau jemput bola memberikan imunisasi kepada Balita yang belum di vaksin," tambah dia.

​Dirinya juga mengungkapkan saat pencanangan di hari pertama, rencananya Bupati Bogor Hj.Nurhayanti akan hadir dalam pencanangan pelaksanaan PIN Polio Tahun 2016 Tingkat Kabupaten Bogor, sekaligus meneteskan imunisasi polio kepada sejumlah Balita di Posyandu Matahari 3B Rw 12 Kecamatan Ciomas. 

Saat ditanya sejauh mana sosialisasi dilakukan, dr.Kusnadi mengaku pihaknya telah melakukan sosialisasi di 40 Kecamatan termasuk Pesantren. Pihaknya juga melakukan pemantauan persiapan disetiap Puskesmas dan Posyandu. “Vaksin sudah di Puskesmas, jumlah vaksin tidak mungkin kekurangan karena ada penambahan dari provinsi sebanyak 10 persen," imbuh dia. (Dwitama)


Diberdayakan oleh Blogger.