header_ads

Cibinong Front City Akan Ubah Wajah Bogor

Cibinong Front City Akan Ubah Wajah Bogor 

Berkurangnya situ sebagai ruang terbuka hijau dan potensi sumber daya alam  menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Bogor. Salah satunya keberadaan Situ Cikaret yang semula seluas 18 hektar akan tetapi sejak tahun 1992 mengalami penyusutan area situ.

Saksi mata Ahmad Gayong, tokoh dan mantan Ketua Rt 3/3 Kp.Cikaret Desa Harapan Jaya Kecamatan Cibinong mengungkapkan perbedaan situ Cikaret dan situ Kebantenan tempo doeloe masih asri dan jernih airnya meski banyak yang percaya mitos

“Tapi belakangan ini kondisinya sudah berubah drastis bahkan bila malam banyak jablay dan pacaran. Tahun 2015 ditata menjadi indah sebagai tempat wisata dan olah raga dayung," katanya, Selasa (22/3/2016)

Sementara Kepala bidang Sarana dan Prasarana padan Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Bogor, Ajat Jatnika membenarkan dalam rangka mewujudkan Kabupaten Bogor Termaju di Indonesia, Pemerintah Kabupaten Bogor gencar menata 95 potensi situ di bumi tegar beriman ini.
 
Menurutnya, salah satu program pembangunan yang digiatkan adalah Cibinong Front City untuk menjadikan inisiasi pengelolaan dan pemanfaatan situ yang baik dan terintegrasi.

"Program ini menjadi inspirasi pengembangan kota berbasis sumber daya daerah. Bentuk pengembangannya menjadikan kawasan Cibinong Raya sebagai pusat kegiatan wilayah dengan 17 situ aktif yang mencerminkan wajah kota," jelasnya.

Dirinya menjabarkan 17 situ di Cibinong Raya meliputi situ Nanggerang, Cibeureum, Cikaret, Cijantung, Citatah, Cibinong, Nutug, Cipambuan Hilir, Sela, Kandang Babi, Kemuning, Cimanggis, Tonjong, Cijujung, Cibuntu, Kebantenan dan situ Pemda.

Dirinya menambahkan Kabupaten Bogor juga fokus pengembangan infrastruktur untuk membantu pengembangan wilayah, seperti Pengembangan Cibinong Raya, sinergi LIPI dan Pemkab Bogor untuk mewujudkan Kebun Raya Cibinong 175 hektar. (ICE)
Diberdayakan oleh Blogger.