header_ads

Linguaphone.id

Pelayanan Perijinan Sistem Online BPMPTSP Kab.Bogor

BPMPTSP Kabupaten Bogor Terapkan Pelayanan Perizinan Dengan Sistem Online 

Guna meningkatkan pelayanan perizinan yang cepat dan mudah kepada Masyarakat, Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Kabupaten Bogor, melakukan inovasi baru sistem pelayanan perizinan manual menjadi Sistem Online. 

Kasubid Data dan Informasi BPMPTSP Kabupaten Bogor Irawadi Sukisman mengatakan, Sistem online tersebut diharapkan dapat membantu dalam mengurus perizinan di BPMPTSP, “Konsumen bisa dengan mudah membuatnya, tinggal Klik,” ujar Irawadi.

Untuk sistemnya sendiri dinamakan Layanan Informasi Perizinan Secara Elektronik (LIPSE), yang saat ini masih diujicobakan sambil berjalan. Pemohon izin bisa memasukkan berkas ke BPMPTSP secara online sehingga mereka tidak perlu datang langsung ke BPMPTSP.

“Ini merupakan alternatif yang dikembangkan oleh BPMPTSP karena banyak masyarakat yang mengeluhkan lamanya proses perizinan manual. Dengan sistem transfer dan pemohon akan mendapatkan User ID untuk Log-in dan mengetahui apakah ada kelengkapan berkas yang kurang, jika ada akan diberitahukan melalui pesan singkat,” tegasnya, Rabu (02/03/2016).

Dirinya menjelaskan, mengenai sistem permohonan perizinan ini dapat dilakukan dimanapun, begitu datang ke loket pemohon membawa bukti print-out dan kelengkapan untuk mengecek asli atau tidaknya berkas, dan dapat ditukar dengan izin yang telah diterbitkan oleh BPMPTSP, Untuk sementara perizinan yang dapat dibuat secara online adalah SIUP, TDP, TDG, dan TD.

Sementara itu, Sekertaris BPMPTSP, Drs. H. Sony Abdussukur berharap, penerapan sistem online ini akan menjadi pilot project terwujudnya iklim pelayanan modal perizinan terbaik se-Indonesia. “Nanti kami ajukan di APBD perubahan untuk memsosialisasikan serta sarana dan prasarana pelayanan online ini, mudah-mudahan pemerintah daerah sepakat dengan program ini.” Pungkasnya. (Dewi/Ice)
Diberdayakan oleh Blogger.