header_ads

Linguaphone.id

BPMPD Gelar Pelatihan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

Gelar Pelatihan Kader Sanitasi 2016 

Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bogor melalui Bidang Pemberdayaan masyarakat (PKM) menyelenggarakan Pelatihan Kader Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) tingkat Kabupaten Bogor 2016 yang bertempat di hotel kawasan Megamendung Bogor, Kamis (17/3/2016).

Dalam pelatihan yang dibuka oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa ini, para peserta diberikan materi dari berbagai nara sumber diantaranya Kabid Sapras dan TRLH dari Bappeda, IPMI Kabupaten Bogor, BPMPD, DKP dan Pupera dan pihak terkait lainnya. 

"Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan suatu pendekatan partisipatif  yang mengajak masyarakat untuk mengalisa kondisi sanitasi mereka melalui suatu proses pemicuan, sehingga masyarakat dapat berpikir dan mengambil tindakan untuk meninggalkan kebiasaan buruk. Salah satu diantaranya yakni, buang air besar mereka yang masih di tempat terbuka dan sembarang tempat," papar Kepala Bidang PKM, Iduh Setiaguna.

Pelatihan kader sanitasi ini, lanjutnya, diikuti oleh perwakilan kader dari 130 desa di 25 kecamatan di Kabupaten Bogor yang rawan sanitasi. Peserta terdiri dari dua angkatan yang masing - masing angkatan sebanyak 65 orang peserta. 

Pelaksanaan kegiatan ini dimulai tanggal 16 Maret 2016 hingga 18 Maret 2016 untuk angkatan pertama, sedangkan angkatan kedua berlangsung pada 21 Maret hingga 23 Maret 2016. Pelatihan tersebut merupakan langkah yang dilakukan Pemkab Bogor melalui BPMPD, dimana nantinya diharapkan para kader yang mengikuti pelatihan dapat membantu peran fasilitator dalam upaya  pemicuan kepada warga masyarakat di wilayah masing-masing.  (ICE)

Diberdayakan oleh Blogger.