header_ads

ALPEKA Permudah Laporan Dana BOS

Laporan penggunaan dana BOS sudah menerapkan aplikasi ALPEKA 

Masyarakat dapat mengakses laporan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebagai bentuk keterbukan informasi publik yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 

Dikabupaten Bogor, keterbukaan informasi publik sudah diterapkan melalui penerapan penyusunan laporan penggunaan dana BOS sudah menerapkan aplikasi ALPEKA (Aplikasi Laporan Keuangan). Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Gada Sembada, Kamis (24/3/2016) 

Dirinya menjelaskan ALPEKA dengan sistem pembukuan dan pelaporan keuangan ini mudah dioperasikan dan dapat di akses melalui situs Kementerian Pendidikan. Aplikasi ALPEKA ini menghasilkan secara otomatis format BOS K-w sampai K-7A untuk mengisi laporan secara online.. 

"ALPEKA bermanfaat untuk memudahkan sekolah dalam penyusunan format laporan keuangan yang ada dalam petunjuk teknis BOS. Kabupaten Bogor gelar bimtek kepada seluruh bendahara BOS sejak tahun 2013," jelasnya. 

Dirinya menambahkan, ALPEKA merupakan perangkat lunak berbasis Excel yang dikembangkan untuk mempermudah sekolah dalam membuat laporan dana BOS. (dwitama)


Diberdayakan oleh Blogger.