header_ads

Linguaphone.id

Sentul City Lalaikan Lahan Cadangan Makam

Lahan Cadangan Pemekaman Belum Direalisasi Sentul City  

PT. Sentul City, Tbk ternyata masih belum memenuhi kewajiban merealisasikan lahan cadangan untuk pemakaman seluas 119,2 hektar sebagai bentuk komitmen atas pemberian ijin lokasi pengembangan perumahan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor. 

Hal ini terungkap, Kepala Kejaksaan Negeri Cibinong Lumumba Tambunan mengungkap kasus ini sempat ditangani pihak Kejaksaan negeri Cibinong. Saat pihaknya menangani kasus lahan cadangan pemakaman belum ditetapkan adanya unsur tindak pidana hingga kasus ini dilimpahkan penanganannya ke Kejaksaan Agung mulai tahun 2015.

"Kami sempat tangani kasus ini sejak tahun 2009 mulai dari tahap penyelidikan menjadi tahap penyidikan. Kami juga menetapkan Pimpinan PT. Sentul City, Tbk dan unsur Pemerintah Kabupaten bogor sebagai tersangka setelah ditemukan bukti permulaan yang cukup berupa dugaan tindak pidana korupsi  yang melanggar Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999, yakni dalam pemberian ijin lokasi perumahan dari Pemerintah Kabupaten Bogor kepada PT. Sentul City, Tbk dan merugikan negara," ungkapnya, Selasa (23/2/2016)..   

Dilokasi berbeda, Kepala Seksi Tanah Pemakaman pada Dinas Kebersihan Dan Pertamanan Kabupaten Bogor, Roni Herman menjelaskan perjanjian antara Pemerintah Kabupaten Bogor dengan PT. Sentul City, Tbk disebutkan adanya penyerahan tanah di kawasan Hambalang yang mencapai luas antara 82 hektar hingga 83 hektar.  

"Sampai saat ini ternyata belum direalisasikan dengan alasan masih dalam proses pengurusan. Kami akan memanggil pimpinan pengembang itu untuk menanyakan kepastian pihaknya dalam merealisasikan isi perjanjian," katanya. (Yudha)
Diberdayakan oleh Blogger.