Header Ads

Rakor BPBD Tingkatkan Kewaspadaan Bencana

Cuaca Ekstrim Rwan Bencana, BPBD Helar Rakor Penanggulangan Bencana 

Musim hujan tahun ini perlu diwaspadai terjadinya bencana alam yang dapat terjadi kapan saja dan dimanapun. Dalam kaitan ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah menggelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana dengan tema “Hidup Harmonisasi Dengan Bencana”, Senin (16/02/2016).

Kegiatan yang diikuti peserta lebih dari 200 orang ini terdiri dari unsur SKPD/OPD, Muspida, Penggiat Bencana dan Relawan Bencana. Rapat Koordinasi ini merupakan rangkaian kegiatan dari pencegahan Bencana dan Mitigasi Bencana dengan tujuan agar pemahaman mengenai Bencana dalam rangka antisipasi lebih meluas dan menjalin hubungan baik dengan unsur organisasi lainnya. Sehingga terjadi harmonisasi penanggulangan bencana antar organisasi dan mencipakan penanggulangan bencana yang tangguh dan tangkas dalam rangka pelayanan terhadap Masyarakat Kabupaten Bogor

Sementara, di Kabupaten Bogor terjadi tanah longsor di kampung Sukabakti Rt. 01/04 Desa Wargajaya Kecamatan Sukamakmur, Senin (22/02/2016), sekitar pukul 01.00. WIB, yang mengakibatkan 1 (satu) bangunan rumah tinggal rusak berat dan 4 (empat) lainnya status terancam, 1 (satu) bangunan sarana peribadatan mushola rusak ringan dan merusak areal pemakaman serta pesawahan seluas kurang lebih 1.500 meterpersegi. 

"Penanganan oleh pihak pemerintah desa dan muspika dengan mengevakuasi para korban ke tempat yang lebih aman. Pengecdkan lokasi dan pemberian bantuam sementara telah dilakukan oleh PMI dan BPBD Kabupaten Bogor," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Budi Aksomo. (ice)
Diberdayakan oleh Blogger.