Header Ads

Produksi Sampah Jabar 27 Ribu Ton Per Hari

Produksi Sampah Warga Jabar Capai 27 ribu Ton Per Hari 

Direktur Walhi Jawa Barat, Dadan Ramdan menyatakan, berdasarkan perhitungan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat, produksi barang rumah tangga, makan, minuman dll yang dikonsumsi oleh penduduk Jabar semakin meningkatkan produksi sampah mencapai 27.000 ton/hari. 

“Ini bisa terus meningkat seiring penambahan populasi penduduk dan produksi barang rumah tangga dan non rumah tangga,” ujarnya.

Menurut Dadan, sampah sudah terlihat dimana-mana baik di perkotaan hingga perdesaan, di jalan, di sungai, di kali, di sawah hingga di gunung dan hutan. “Dari berbagai riset yang dilakukan, 60% sampah yang dihasilkan berupa sampah organik yang bisa dikompos, 40 % sampah bukan organik seperti sampah plastik, kertas, elektronik, botol, kaleng dll,” ujarnya.

Dadan menyatakan, sampah sudah menjadi masalah serius jika tidak diantisipasi dari sekarang, sehingga diperlukan kebijakan pemerintah dan pemerintah daerah dalam  jangka panjang yang lebih antisipatif dan kuratif dari hulu hingga hilir. 

“Dampak lainnya jika sampah tidak diurus, berpotensi menimbulkan ancaman bagi kesehatan dan pencemaran serta kerusakan lingkungan,” katanya. (Par/Rsd)


Diberdayakan oleh Blogger.