header_ads

Penumpukan Sampah Penyebab Kualitas Air Bersih Kota Bogor Menurun

PDAM Tirta Pakuan Bogor Tangani Gangguan Zona IV 

Penumpukan sampah yang menghambat screen intake Ciherang Pondok berakibat penurunan level yang semula dari kapasitas normal 1400 liter per detik (l/det) menjadi 1300 l/det. Penurunan level. 

Pihak PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor sedang berupaya mengatasi gangguan pelayanan di zona IV. Sistem pengaliran air di area itu mengalami masalah karena penurunan level produksi akibat faktor cuaca.

Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Deni Surya Senjaya menuturkan, dalam dua hari ini level produksi Instalasi Pengolahan Air (IPA) Dekeng mengalami penurunan level, dari kapasitas normal 1400 liter per detik (l/det) menjadi 1300 l/det. Penurunan level ini akibat penumpukan sampah yang menghambat screen intake Ciherang Pondok.

Penurunan debit ini menyebabkan level pada Reservoir Pajajaran juga berkurang. Akibatnya pasokan air ke pelanggan terhambat. Daerah-daerah yang mengalami gangguan itu antara lain Sempur, Babakan, Jalan Pajajaran, dan Warung Jambu.

Menurutnya, selain sampah yang menghambat screen, lumpur yang pekat juga menyebabkan tingkat kekeruhan di IPA Dekeng meningkat, dari kadar normal 50 NTU jadi 1000 NTU. PDAM mengantisipasinya dengan menambah senyawa kimia PAC untuk menetralisir kadar kekeruhan.

Mengenai masalah air keruh di rumah pelanggan, Deni memastikan hal tersebut bukan masalah. Karena petugas sub Bagian Laboratorium setiap hari memeriksa dan menguji sampel air di rumah-rumah pelanggan. Hasilnya, kualitas airnya masih sesuai peraturan Kementerian Kesehatan RI. (erick)

Diberdayakan oleh Blogger.