header_ads

Komisi IV DPRD Jabar Daddy Rohanady Tinjau Persiapan PON

Venue PON Diharapkan On Schedule Selesai Pada Juli 2016 

Persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat masih menyisakan pekerjaan venue yang harus diselesaikan.

Menurut Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, Daddy Rohanady, ada beberapa venue yang harus diselesaikan. Diantaranya di Kabupaten Bandung Barat masih proses lelang untuk finishing touch topping venue panjat tebing dan di Kabupaten Indramayu untuk venue selam laut dermaganya masih harus dibangun 1 x 60 meter ditambah menyambung sekitar 10 meter dan menyambungkan pemecah ombak yang terputus beberapa ruas. 

Untuk di Subang akan mempergunakan Sirkuit Gary Mang sebagai venue olahraga balap motor dan venue terbang layang di Pangkalan Udara Suryadarma Kalijati. ”Kalau ini (sirkuit Gary Mang), saya lihat kesiapannya tinggal prung (diselenggarakan) saja. Cuma kami minta bangunan di cat ulang supaya lebih indah. Karena akan menjadi salah satu wajah Jawa Barat nantinya,” pintanya. Untuk venue terbang layang sudah siap sepenuhnya, tambahnya.

Daddy menyebutkan permasalahan lainnya, yaitu lokasi untuk paralayang dan gantole di Sumedang yang cukup curam dan jauh sehingga kendaraan tidak bisa masuk. ”Termasuk (venue) pacuan kuda di Pangandaran aksesnya cukup panjang butuh perbaikan jalan,” tambahnya.

Rencananya usai meninjau di Subang, akan meninjau lokasi venue dayung di Cipule Karawang yang sebelumnya 6 bulan lalu masih ada akses jalan masuk yang belum selesai dan masih ada gulma yang belum diangkat. Di Kota Cirebon ada GOR Bima di dalamnya ada kolam renang ”Catherine Surya” yang sampai hari ini belum selesai. ”Harus diselesaikan rencananya menjadi aset Kota Cirebon,” katanya lagi.

Mengenai kebutuhan dana penyelesaian venue-venue masih diperhitungkan. ”Dari pantauan dana yang dibutuhkan (untuk menyelesaikan) bervariasi. Ada yang 4 milyar ada yang 8 milyar. Total dana untuk PON sebesar 1,74 trilyun,” jelasnya.

Kedatangan rombongan Komisi IV DPRD Jawa Barat ini untuk meninjau langsung kesiapan venue-venue menjelang kesiapan sebagai Penyelenggara PON XIX tahun 2016. Venue yang akan dipergunakan berada di 14 kabupaten/kota di Jawa Barat. (Red)

Diberdayakan oleh Blogger.