header_ads

Linguaphone.id

Kementerian ESDM Luncurkan BBM B20

Kementerian ESDM Luncurkan BBM B20 

Jenis BBM Solar yang disebut B20 resmi diluncurkan oleh Kementerian ESDM Di Bandung. Peluncuran dilakukan di Kantor Peramina Jabar oleh Edhi Wibowo Kasubdit Pelayanan dan pengawasan Usaha Bio Energi Direktorat Jenderal Energi Baru dan Terbarukan dan Koservasi Energi Kementerain ESDM, di hadapan para pengusaha SPBU dan akademisi, Kamis (4/2). 

Menurutnya, B20 merupakan campuran 80% solar biasa, 20% Biodiesel dari minyak kelapa sawit. “Ini sudah kita ujicobakan dengan road tes ke beberapa kota di pulau Jawa, dan nanti terakhir road test ke Merak Banten dan Bali” ujarnya.

Jenis B20 ini merupakan pengembangan BBM untuk mesin diesel, dalam upaya pengurangan BBM berbahan fosil, diganti dengan nabati. “Ini akan kita kembangkan terus campuran kelapa sawitnya hingga mencapi lebih dari 30 persen di tahun 2030 nanti. Dengan demikian, kita bisa terus mengurangi ketergantungan dari BBM berbahan fosil yang satu waktu akan habis, sementara yang berbahan nabati seperti kelapa sawit bisa terbarukan” ujarnya.

Hasil ujicoba pada kendaraan dengan melakukan road test, dibuktikan tidak ada masalah dengan kendaraan yang menggunakan BBM B20. Menurut Edhi, BBM B 20 ini sudah didistribusikan ke SPBU untuk menggantikan solar. (Pun/Rsd)


Diberdayakan oleh Blogger.