Header Ads

BPMPD Akan Dibantu 230 Pendamping Desa

230 Pendamping Desa Dari Pemvrop Jabar

Untuk memaksimalkan pencairan bantuan dana desa serta laporan pertanggungjawaban, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bogor akan mendapatkan 230 Pendamping Desa dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

Kepala BPMPD Kabupaten Bogor, Deni Ardiana menyampaikan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bogor akan memiliki sebanyak 230 Pendamping Desa dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang nantinya diterjunkan ke seluruh pedesaaan di wilayah Bumi Tegar Beriman. 

"Sebanyak 230 pendamping desa, yang terdiri dari 39 pendamping kategori profesional dan 191 pendamping kategori lokal akan terjun ke pedesaan dalam waktu dekat. Selan itu, 6 orang pegawai BPMPD sebagai pendamping teknis juga siap membantu pencairan dan pembuatan laporan pertanggungjawaban bantuan dana desa," tuturnya, Jumat (26/2/2016). 

Menurutnya, sejumlah 39 pendamping profesional merupakan eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), sedangkan pendamping lokal adalah masyarakat setempat. Pendamping profesional berlatar belakang pendidikan minimal SMU, sedangkan pendamping lokal minimal berpendidikan SMP. "Mereka saat ini sedang diseleksi oleh BPMPD Provinsi Jawa Barat," jelasnya.

Dirinya menjelaskan pendamping profesional ini akan bertugas di kecamatan dan akan mengkoordinir 191 pendamping lokal. Satu kecamatan terdiri dari satu pendamping profesional, sedangkan pendamping lokal bisa memegang lebih dari satu desa, karena bantuan dana desa ini akan disalurkan ke 417 desa yang ada di 39 Kecamatan. 

"Seleksi pendamping desa ini akan diumumkan pada bulan Maret, dan bisa dilihat melalui website BPMPD. Seleksi pendamping desa ini dilakukan oleh BPMPD Provinsi Jawa Barat, kalau kita hanya tinggal menerima saja dan melakukan pembinaan untuk cara pembuatan rencana anggaran desa, pembagunan desa dan penyelenggaraan Pemerintah Desa," tambahnya. (ICE)
Diberdayakan oleh Blogger.