header_ads

Lebaran.id

Berkas Tilang Eweuh PN Cibinong Riweuh

Berkas Tilang Lamban Dilimpahkan Ke PN Cibinong, Pemilik Kendaraan Resah. 

Razia kendaraan bermotor di kawasan Bogor terus digiatkan guna meningkatkan kedisipilinan berlalu lintas serta warga mematuhi dan sadar akan kewajiban yang harus dibawa saat berkendara. Tidak sedikit pengendara yang membandel harus menjalani konsekuensi berupa tilang. 

Kendati demikian pemilik kendaraan bermotor yang ditilang petugas tersebut sempat kecewa, lantaran berkas tilang berupa lembar tilang terdiri dari SIM dan STNK belum dilimpahkan ke pihak Pengadilan Negeri Cibinong. Padahal, dalam surat tilang yang mereka terima tertera tanggal pelaksanaan sidang di PN Cibinong. 

Hal ini dibenarkan oleh Panitera Muda Pidana pada Pengadilan Negeri Cibinong Hermina Mastarida, SH,MA, Selasa (23/2/2016). "Memang benar banyak pemilik kendaraan yang hendak mengurus surat tilang melakukan komplain karena berkas mereka belum diserahkan oleh pihak Polres Bogor ke pihak Pengadilan Negeri Cibinong," jelasnya. 

Sebelumnya, Hanung (36) warga Ciluer yang STNK miliknya disita petugas Polres Bogor mengaku sangat kecewa lantaran saat menurus surat tilang ternyata berkasnya belum dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Cibinong. "Saat ditilang saya lupa menyalakan lampu depan tapi tetap ditilang, seharusnya hanya ditegur saja sebab surat kelengkapan SIM dan STNK masih aktif dan saya tidak melanggar lalulintas. Nah pas saya mau ambil STNK di PN Cibinong malah tidak ada berkasnya, ini kan membuang waktu dan tenaga saya," keluhnya kepada Berita Bogor. 

Sementara Ketua Organisasi Anti Korupsi Bogor, Rahmatullah meyayangkan sikap petugas di Polres Bogor yang dinilai lamban melimpahkan berkas tilang ke Pengadilan Negeri Cibinong. "Sepatutnya petugas memberikan kemudahan bagi pemilik kendaraan yang ditilang saat mengurus berkas tilang. Mekanismenya harus jelas dan konsekuen tepat waktu agar tidak menimbulkan pertanyaan terhadap sikap yang tidak patut dicontoh ini," tegasnya. (Yudha)


Diberdayakan oleh Blogger.