header_ads

Linguaphone.id

Stok Raskin Jabar 2016

Total penyaluran raskin di Jabar tahun 2016 lebih dari 470 ribu ton 

Jumlah beras raskin yang disalurkan di Jawa Barat melebihi Rumah Tangga Sasaran (RTS). Menurut Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, jumlah RTS yang ada di Jabar berjumlah 2.6 juta RTS, sedangkan jumlah Raskin yang disalurkan cukup untuk 13 juta.

“Tentu saja ini melebihi, karena yang menerima raskin bukan hanya RTS tetapi juga mereka yang nyaris menjadi pra sejahtera, sehingga jumlahnya melebihi RTS berdasar data BPS” katanya.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengapresiasi kesiapan Bulog dalam penyediaan kelebihan stok beras untuk masyarakat miskin itu. “Saya mengapresiasi kinerja Bulog Jabar yang mampu menyediakan stok berlebih dari target RTS yang ada. Penyediaan stok yang melebihi sasaran itu merupakan upaya yang baik untuk savety kebutuhan keluraga yang nyaris tidak mampu” papar Aher.

Total penyaluran raskin di Jabar untuk tahun 2016 sebanyak lebih dari 470 ribu ton atau kurang lebih 39 ribu ton per bulan. Sedangkan Kabupaten dan Kota seperti Kota Banjar, Kabupaten Ciamis dan Kota Bandung menambah subsidi dari APBD-nya masing-masing untuk penyaluran beras raskin. 

“Seperti Kota Bandung, Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar, itu mengeluarkan dana dari APBD untuk mesubsidi raskin. Jadi harga pembelian 1600 per kilo gram itu, oleh APBD mereka dibeli sebagian, dan ada juga yang seluruhnya sehingga masyarakat miskin menerima raskin dengan cuma-cuma” jelas Aher. (Red)

Diberdayakan oleh Blogger.