header_ads

Jabar Lestarikan Budaya Lokal

BERITA BOGOR - Lestarikan Budaya Sebagai Aset Ekonomi Kreatif  

Festival Drama Musikal Remaja Jawa Barat ke-5 dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar di Gedung Kesenian Rumentang Siang, kota Bandung, Kamis (7/1/2016).

Festival diselenggarakan dalam rangka mewadahi kreatifitas remaja di Jawa Barat. Terutama pada bidang seni pertunjukan. Kali ini sebanyak 17 grup teater remaja dari Kabupaten/Kota se-Jawa Barat tampil sebagai peserta festival.

Sejalan dengan tema kegiatan ini, yaitu ‘Mengantarkan Nilai – Nilai Luhur Cerita Rakyat, Kisah atau Legenda Jawa Barat Sebagai Khasanah Sastra Nasional dan Perjuangan Membentuk Karakter Bangsa’. Maka naskah – naskah drama yang difestivalkan atau dilombakan bersumber dari kisah, legenda, dan atau cerita Rakyat Jawa Barat. Dengan tujuan memuliakan seni peran, sekaligus mengenalkan kisah legenda tersebut untuk menumbuhkan tradisi kreatif dan kolektif pada kaum remaja.

Deddy Mizwar mengatakan, bahwa bila sejak dini nilai - nilai budaya, lewat cerita, atau legenda telah ditanamkan, maka suatu hari nanti, cerita tersebut akan terus menurun ke generasi selanjutnya. Sehingga produk budaya daerah dapat terlestarikan dan dapat menjadi bagian budaya nasional. 

Festival Drama Musikal Remaja yang diinisiasi komunitas teater BEL Bandung ini bersifat lomba. Maka capaian kualitas seni peran, dan kerja keras yang tidak bisa instan didapat, adalah goal yang perlu dicapai. Sehingga sadar tak sadar, para peserta festival dituntut untuk saling menghargai, jujur, dan, demokratis. Maka hal tersebut sejalan dengan apa yang Wagub Deddy utarakan sebelumnya.

Penampilan para peserta akan dinilai oleh Dewan Juri diantaranya, Embie C. Noer (Musisi, Penata Musik), Joko Kurniawan (Dosen Teater ISBI Bandung), dan Erry Anwar (Praktisi Teater, Sutradara Teater). Peserta terbaik berhak mendapat hadiah Trophy, Piagam Penghargaan, dan Uang Pembinaan.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kadisparbud Jabar Nunung Sobari, Kepala Balai Pengelolaan Taman Budaya Jabar Rd. Darajatun, Ketua Panitia Johnmen Saragih, Pengelola Gd. Kesenian Rumentangsiang Bandung, , Sesepuh Teater BEL Bandung, Para tokoh Budayawan, Seniman, Serta Dewan Juri Festival. (Rilis)

Diberdayakan oleh Blogger.