header_ads

Linguaphone.id

Uji Kompetensi Pariwisata Disbudpar Kabupaten Bogor

MELALUI SERTIFIKASI KOMPENTESI PARIWISATA 
DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA 
KABUPATEN BOGOR 
MENYIAPKAN TENAGA KERJA MENGHADAPI GLOBALISASI 

 . 
Era Globalisasi merupakan tantangan baru bagi seluruh bidang usaha. Bukan hanya barang yang dapat terjual bebas tetapi tenaga kerja asing dapat mudah masuk ke Indonesia. Oleh karena itu, tenaga kerja Indonesia harus siap bersaing dengan tenaga asing. Untuk itu setiap tenaga kerja diharapkan telah bersertifikasi agar tidak tergerus atau bahkan hilang. 

Pemerintah telah menyiapkan perangkat hukum untuk melindungi tenaga kerja dengan jalan memberikan sertifikasi sehingga Kalangan Pelaku Usaha tidak perlu lagi khawatir dalam menghadapi globalisasi tersebut. 

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor sebagai kepanjangan tangan dari Pemerintah Kabupaten Bogor juga turut mendukung kegiatan pemberian sertifikasi tersebut melalui program kegiatan bidang pariwisata. Tahun 2015, ada 2 kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka peningkatan pengetahuan dan ketrampilan tenaga kerja dibidang pariwisata, yaitu  

1. Kegiatan Uji Kompetensi/Sertifikasi Pelaku Usaha Akomodasi.
Kegiatan Uji Kompetensi adalah proses pemberian sertifikat kompentensi dibidang akomodasi yang dilakukan secara sistematis dan obyektif melalui ujian kompetensi sesuai dengan standart kompetensi nasional. Peserta kegiatan ini berjumlah 45 orang pegawai dari usaha akomodasi yang ada di Kabupaten Bogor. 

Peserta uji kompetensi terdiri dari 15 orang Front Office, 15 orang dari Housekeeping dan 15 orang dari Food and Beverage Service. Penyelenggaraannya di Hotel M-One pada tanggal 23 – 26 Nopember 2015 dan Tim Assesor dari LSP Bhakti Persada. Pelaksanaannya berupa wawancara dan ujian praktek. Usai kegiatan ini, para karyawan tetap mendapat pembinaan dan pengendalian agar kemampuan individu tetap terjaga. 

2. Kegiatan Uji Kompetensi/Sertifikasi Pelaku Usaha Jasa Wisata. 

MELALUI SERTIFIKASI KOMPENTESI PARIWISATA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA 
KABUPATEN BOGOR MENYIAPKAN TENAGA KERJA MENGHADAPI GLOBALISASI 
 . 

Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari para pramuwisata/ pemandu wisata/guide di Kabupaten Bogor. Ke-50 peserta telah melakukan tes uji kompetensi sesuai dengan program dan sistematika yang digunakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Pramindo yaitu Ujian tertulis dan wawancara. 

Pelaksanaannya pada tanggal 27 dan 28 Oktober bertempat di Hotel Lor In Sentul, Kecamatan Citeureup. Hasil dari uji kompetensi akan diketahui setelah Lembaga Sertifikasi Profesi Pramindo melakukan pembahasan secara internal mengenai kompetensi dari setiap peserta. Setelah dilakukan pembahasan tahap berikutnya adalah rekomendasi dari Lembaga Sertifikasi Profesi Pramindo kepada Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) tentang peserta yang kompeten untuk mendapatkan sertifikat kompetensi. 

Dari kegiatan ini, diharapkan dari ke 50 orang pemandu wisata tersebut terdapat pemandu wisata yang memiliki kemauan untuk mengembangkan kompetensi dirinya masing-masing, siap menggali pengetahuan untuk merealisasikannya dan menerapkan apa yang diketahuinya kepada wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. (Adv) 


20/12/2015
20/01/2016


Diberdayakan oleh Blogger.