header_ads

Linguaphone.id

Minapolitan Kabupaten Bogor Juara Nasional

Minapolitan Kabupaten Bogor Raih Juara Nasional 

Dalam rangka kompetisi Minapolitan  tingkat nasional, Oktober yang lalu Kabupaten Bogor disambangi Tim Juri dari Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk melihat dan menilai kondisi lapangan perkembangan minapolitan di Kabupaten Bogor. Tim Juri disambut di Pendopo Bupati dan selanjutnya dilakukan tinjauan ke Desa Babakan dan Minapolis di Ciseeng.

Minapolitan di Kabupaten Bogor merupakan minapolitan yang dikembangkan dengan basis budidaya ikan air tawar, dengan komoditas unggulannya adalah ikan lele. Minapolitan itu sendiri pada dasarnya merupakan konsep pembangunan kelautan dan perikanan berbasis wilayah dengan pendekatan sistem dan manajemen kawasan dengan prinsip integrasi, efisiensi, kualitas dan akselerasi tinggi. Minapolitan merupakan upaya percepatan pengembangan wilayah dengan kegiatan perikanan sebagai kegiatan utama dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat dengan mendorong keterkaitan desa-kota dan berkembangnya sistem dan usaha minabisnis yang berdaya saing berbasis kerakyatan, berkelanjutan dan tersentralisasi dalam suatu kawasan.

Pada kompetisi tahun ini Kabupaten Bogor bersaing dengan dua nominator lain yaitu dari Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan dan Kabupaten Tulungagung Jawa Timur. Dwika Herdikiawan; Direktur Sarana Prasarana Dirjen Perikanan dan Budidaya menuturkan "Tiga kabupaten ini bersaing ketat. Jika Kabupaten Tulungagung unggulannya ikan hias, Kabupaten Pinrang dengan udang payaunya, maka Kabupaten Bogor dengan ikan lelenya".

Hasil dari penilaian tersebut telah diumumkan melalui SK Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Nomor 175/KEP-DJPB/2015 tanggal 18 November 2015 Tentang Pemenang Penilaian Kinerja Kelompok dan Kelembagaan Perikanan Budidaya Tingkat Nasional Tahun 2015 dan Kabupaten Bogor meraih Juara I Tingkat Nasional Kategori Kelembagaan Minapolitan. Penyerahan penghargaan Adhibakti Mina Bahari kepada pemenang dilaksanakan tanggal 11 Desember 2015 di Ball Room Gedung Mina Bahari III Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta. (Rilis)


Diberdayakan oleh Blogger.