header_ads

Linguaphone.id

Even MEA Peluang Besar Bagi Industri UMKM

Momentum MEA bisa menjadi pasar yang besar bagi industri UMKM 

Masyarakat Ekononomi Asean (MEA) yang akan segera bergulir di akhir tahun ini, harus menjadi sebuah peluang bagi Indonesia untuk mengembangkan lagi produk dalam negeri, termasuk produk kerajinan atau handycraft. 

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan momentum MEA bisa menjadi pasar yang besar bagi industri UMKM khususnya yang ada di Jawa Barat, sehingga tidak menjadi “hantu” yang menakutkan bagi para pengusaha.

"Pasar bebas negara-negara Asean atau MEA harus bisa mendorong produk dan industri kerajinan di dalam negeri, khususnya UMKM di Jawa Barat. Kita jangan melihat MEA ini sebagai hantu yang menakutkan. Justru melihatnya bagaimana peluang MEA ini mendorong kreatifitas di bidang kerajinan dan fashion-nya bisa punya pasar yang lebih luas lagi,” ungkapnya usai membuka Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) XI Tahun 2015 di Graha Manggala Siliwangi, Jl. Aceh Bandung, pada Rabu (23/12/2015). 

Untuk mendukung pengembangan produk kerajinan dalam negeri, lanjut Wagub, terdapat 3 hal yang sangat menentukan, yaitu kreatifitas, aspek permodalan, serta pemasaran. Wagub mencontohkan dengan penduduk lebih dari 46 juta jiwa, apabila masyarakat di Jawa Barat bisa membeli produk asli bumi Pasundan - sudah tentu hal tersebut akan lebih mengembangkan UMKM yang bisa berdampak pada peningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Event yang digelar 2 tahun sekali ini akan digelar dari tanggal 23 – 27 Desember 2015 dengan menghadirkan berbagai hasil karya kerajinan tangan dari pengrajin dalam dan luar Jawa Barat. Ada 82 stand pameran, yang berasal dari 24 Dekranasda Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, Dinas Kehutanan Jawa Barat, Pemerintah Kota Palembang, Pemprov Jawa Timur, berbagai UKM Mandiri, serta 38 stand foodcourt. Selain itu, digelar pula talkshow, workshop, pentas seni dan budaya, serta berbagai aneka lomba.

Turut hadir pada pembukaan ini Ketua DPRD Jawa Barat, Ketua & Wakil Ketua Dekranasda Jawa Barat serta jajarannya, para Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jabar, para Kepala Biro Setda Provinsi Jabar, serta para tamu undangan. (Rsd)


Diberdayakan oleh Blogger.