header_ads

Linguaphone.id

Elektrifikasi Jabar Tahun 2018 Capai 100 Persen

Komitmen PLN Siap Verifikasi Pelanggan Miskin Jawa Barat 

PT PLN Persero Distribusi Jawa Barat (DJB) siap memverifikasi data di lapangan terkait pelanggan miskin dan rentan miskin. GM PLN Distribusi Jabar Iwan Purwana, verifikasi itu dilakukan setelah PLN mendapat data dari Tim Nasional Percepatan Pengentasan Kemiskinan (TNP2K) Pusat terkait rencana pencabutan subsidi listrik terhadap pelanggan PLN yang dianggap sudah mampu.

“Kita akan langsung verifikasi di lapangan, berdasar data dari TNP2K itu yang sudah diserahkan ke PLN beberapa waktu lalu. Kita kan perlu memastikan data itu di lapangan, agar benar-benar valid secara faktual”, ujar Iwan di kantornya, Rabu (23/12/2015).

Iwan menyebutkan, total data pelanggan di Jawa Barat sendiri sekitar lebih dari 4 juta pelanggan, sementara data masyarakat miskinnya kurang lebih berjumlah satu juta pelanggan. “Data pelanggan PLN di Jawa Barat sebanyak lebih dari 4 juta pelanggan, sementara data pelanggan miskin kita perkirakan mencapi lebih dari 1 juta pelanggan. Data dari TNP2K yang diterima PLN baru pelanggan yang menggunakan daya listri 900 VA, sedangkan yang menggunakan daya 450 VA belum diterima," jelasnya


2018 Elektrifikasi Jabar Capai 100 Persen

Rasio Elektrifikasi atau ketersambungan listrik di Jawa Barat terhadap masyarakat hingga tahun 2015 sudah mencapi 93%. Menurut GM PLN Distribusi Jawa Barat (DJB) Iwan Purwana, ditargetkan, elektrifikasi Jawa Barat mencapai 100% pada tahun 2018 mendatang.

“Kita sudah berkomitmen bersama Gubernur Jabar, bahwa tahun 2018 atau di masa akhira kepemimpinan beliau, elektrifikasi Jabar mencapai 100 persen, dan itu kita upayakan terus setiap tahun menambah pelanggan atau sambungan baru”, ujar Iwan di kantornya, Rabu (23/12).

Menurut Iwan, daerah yang belum teraliri listrik kebanyakan di Jawa Barat bagian Selatan yang jauh dari jangkauan infrastruktur PLN. “Ya memang , kendalanya adalah infrastruktur. Banyak daerah di Jawa Barat terutama bagian Selatan yang jauh dari infrastruktur PLN bahkan jalan ke sana juga cukup sulit. Namun kita akan tetap berupaya menyambungkan listrik hingga ke peloksok Jawa Barat dengan bantuan Pemerintah Provinsi dengan program Jabar Caangnya” katanya. (Rsd)


Diberdayakan oleh Blogger.