header_ads

Linguaphone.id

Ekspansi Go Internasional

Festival Drum and Dance 2015 Ajang Ekspansi Go Internasional

Menjadi suatu kebanggaan bagi Kota Bogor dapat menjadi perwakilan Indonesia di festival bergengsi kelas dunia. Festival Drum and Dance atau festival gendang dan tari 2015 yang diselenggarakan di Dataran Merdeka, Kuala Lumpur Malaysia pada 22 Desember 2015. 

Menjadi kebanggan bagi Uci Sanusi selaku penanggung jawab dari sanggar seni se-Kota Bogor sekaligus Kepala seksi kesenian Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan ekonomi Kreatif Kota Bogor, menurutnya festival tahunan ini adalah ajang bergengsi. “Penampilan dari Indonesia hanya dari dua kota saja satu dari Kota Bogor dan Kota Binjai,” ungkap Uci. 

Menampilkan lima tarian dari tiga sanggar terbaik yaitu Sanggar Getar Pakuan,Sanggar Gandes Pamantes, dan Sanggar Citra Budaya. “Ada lima tarian kemarin yang ditampilkan di Malaysia yaitu Galudra ngapak, Rengkak Ayakan, Rampak Topeng Priangan, Ronggeng Patingtung, dan Rampak Jaipongan,” tambahnya

Harapan Uci kesenian di Bogor harus mampu lebih baik dan dapat memberikan contoh agar nilai-nilai tidak hilang dimakan jaman. “Kudu aya perubahan Bogor the tong festifal antar kota deu anata provinsi deui ayeuna mah go internasional,” ungkap Uci yang setiap wartawan bertemu dengannya harus dapat berbicara Bahasa Sunda. 

Menjaga dan melestarikan budaya memang punya banyak cara, salah satunya memperkenalkan ke ajang internasional. Selain kebanggan personal dari para penari dan pementas, kebudayaan khas daerah pun dapat dikenal oleh banyak orang luar. (erick)

Diberdayakan oleh Blogger.