header_ads

Linguaphone.id

Potensi Konsep Geopark Jawa Barat

Manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat di kawasan Geopark. 
Ketua Tim Tasphor Pengembangan Geopark Indonesia, Yunus Kusumabrata menyatakan masyarakat yang berada di kawasan Geopark jangan khawatir dengan menyandang status tersebut.
Terdapat banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat yang berada di kawasan Geopark. “Konsep geopark hampir sama dengan konsep pembangunan yang sedang dijalankan oleh Pemerintah Indonesia saat ini, yaitu membangun negeri mulai dari desa,” ujarnya
Menurut Yunus, jika dilihat dari sisi potensi alam dan budaya yang ada di Indonesia, khususnya di Ciletuh, konsep ini sangat tepat dilakukan di Indonesia dalam upaya untuk mensejahterakan masyarakat.
“Tinggal bagaimana kita mengemasnya, tinggal bagaimana kita bersama-sama bekerjasama antara pemerintah daerah, pengusaha dan masyarakat, sehingga bisa memberikan arti sebenar-benarnya bagi masarakat,” katanya.
 Kawasan Ciletuh memiliki sumberdaya alam berpotensi, 
Sementara kawasan Ciletuh memiliki sumberdaya alam yang komplet baik, biodiversiti (keragaman hayati), geodiversity (keragaman geology) serta culturevisity dimana ada 15 desa. Dengan adanya kelengkapan dari berbagai sisi tersebut, maka Ciletuh yang berada di Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, bisa masuk dalam nasional geopark Indonesia maupun dunia.
“Jawa Barat sudah memiliki 1 kawasan yang memiliki potensi yang luar biasa, baik dari sisi alam baik alam kegeologiannya maupun alam dari sisi keanekaragaman hayati dan juga dari sisi budaya yang sangat lengkap dan itu dimiliki oleh Ciletuh,” ucapnya.
Yunus mengatakan, jika dilihat dari kelengkapan yang dimiliki oleh Ciletuh tidak menutup kemungkinan kawasan Ciletuh akan bisa masuk dalam Geopark berlevel internasional. “Hingga saat  ini Indonesia baru memiliki 2 kawasan yang masuk dalam Geopark yang ber level internaional, yaitu Geopark Batur dan Global Geopark UNESCO dan potensi Ciletuh untuk meraih nasional bahkan ketingkat global network UNESCO bisa terwujud dalam waktu cepat,” katanya. (Par)
Diberdayakan oleh Blogger.