header_ads

Lebaran.id

PON XIX Akan Siapkan 753 Medali Multievent

PON 2016 Jabar Diharapkan Jadi Kebangkitan Olahraga Nasional

Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX akan digelar di Provinsi Jawa Barat pada September 2016 mendatang. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) berharap melalui multievent ini diharapkan dapat menjadi kebangkitan olahraga nasional, sehingga sebagai negara dengan penduduk ke-4 terbesar di dunia-Indonesia mampu memiliki prestasi sesuai dengan SDM yang dimiliki.

“PON ini harus menjadi ajang kebangkitan olahraga Indonesia, karena biasanya banyaknya penduduk berbanding lurus dengan prestasi olahraga. Kita lihat China, Amerika Serikat, kemudian Rusia yang jumlah penduduknya banyak dan berbanding lurus dengan prestasi. Kita ini kan nomor 4 di dunia dari sisi jumlah penduduk. Layaknya prestasi kita pun kisaran nomor 4, 5, atau 6 lah dan sekarang belum seperti itu,” kata Aher di Jakarta, Selasa (24/11).

Hal ini pun sesuai dengan tag line PON XIX/2016 Jabar “Berjaya di Tanah Legenda”, sehingga diharapkan event olahraga 4 tahunan ini bisa menjadi kebangkitan dunia olahraga di tanah air tercinta.

PON XIX/2016 Jawa Barat akan digelar pada 9 -21 September 2016. Multievent olahraga ini akan mempertandingkan 44 cabang olahraga dan memperebutkan 753 medali, sehingga PON 2016 disebut-sebut sebagai event olahraga terbesar di dunia.

“Jumlah cabang yang dipertandingkan 44 cabang olahraga, kemudian jumlah medali 753. Kalau dari sisi besarnya event, ini event terbanyak yang diperlombakan  dalam multievent. Event terbesar dalam sebuah multievent, tidak ada multievent baik itu tingkat Asia Tenggara, Asia, dan tingkat internasioal – Olimpiade sekali pun tidak sebesar atau sebanyak medali yang diperebutkan di PON. Ini luar biasa,” kata Gubernur.

Sementara mengenai venue, Gubernur yang akrab disapa Aher ini mengatakan bahwa kesiapan venue PON 2016 akan mencapai 85% - 90% pada akhir 2015 ini. Ia pun menargetkan pada Juni 2016 pembangunan fisik venue telah selesai.

“Venue sudah kita siapkan. Insha Allah semua venue yang akan digunakan untuk PON 19 itu sudah dalam persiapan dan akan selesai antara 85 sampai 90 persennya pada Desember 2015 ini. Nah, sisanya 10 sampai 15 persen kita akan selesaikan diawal tahun 2016, maksimal di Juni 2016. Jadi, Juni sudah tidak ada kegiatan fisik lagi,” pungkas Gubernur. (red) 

Diberdayakan oleh Blogger.