header_ads

Linguaphone.id

Insan Pers Harus Adil Saat Pilkada Serentak

Menjelang Pilkada serentak, Dewan Pers menyampaikan himbauan. 

Ketua Dewan Pers, Bagir Manan kepada para insan pers berharap dengan mencermati perkembangan menjelang pelaksanaan Pilkada serentak dan adanya berbagai pengaduan yang masuk  kaitan dengan Pilkada. 

"Dewan pers menegaskan peran pers  untuk memenuhi hak masyarakat mendapatkan informasi yang berkualitas dan adil," tegasnya di Grand Serela Jalan RE Martadinata, Kamis (26/11/2015).

Menurutnya, Pers harus melaksanakan perannya untuk mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat dan benar. Pers melaksanakan perannya melakukan pengawasan, kritik, koreksi dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum. "Pers juga diharapkan dapat melaksanakan perannya memperjuangkan keadilan dan kebenaran," tambahnya.

Dalam menghadapi Pilkada serentak, lanjut dia, setiap wartawan agar selalu bersikap independen dengan memberitakan peristiwa atau fakta sesuai dengan suara hati nurani dan menghasilkan berita yang akurat. Pers, harus menjadi wasit pembimbing yang adil, menjadi pengawas yang teliti dan seksama terhadap pelaksanaan Pilkada.

"Bagi wartawan yang memilih menjadi Calon Kepala Daerah atau menjadi anggota tim sukses, diminta untuk non aktif sementara sebagai wartawan dan mengundurkan diri secara permanen," pinta Bagir Manan. (nr/red)

Diberdayakan oleh Blogger.