header_ads

Linguaphone.id

Tim Building Bina Komunitas

Team Building Komunitas Ala IMAGO Indonesia di Bogor


Team Building. Kata ini mungkin sudah akrab di telinga kita. Tetapi, team building untuk komunitas? Mari kita telusuri bersama team building komunitas ala IMAGO Indonesia.

Bertempat di Kampung Wisata D'jampang, Kemang, Bogor, IMAGO Indonesia mengadakan team building untuk komunitas-komunitas binaannya. Acara ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada 24 - 25 Oktober 2015.

Team building ini terbuka untuk seluruh anggota komunitas IMAGO Indonesia, dan gratis. Ada empat komunitas yang mengikuti team building ini, yaitu komunitas kesehatan, studentpreneur, pena pelajar, dan komunitas gemar berbagi. Keempat komunitas ini memiliki anggota dengan latar belakang yang berbeda-beda, mulai dari asal sekolah, tahun angkatan, hingga minat masing-masing personilnya. Perbedaan ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan dalam suatu komunitas.

"Kelebihannya adalah mereka dapat menambah teman di luar sekolah mereka," tutur Dian Ekasari, manager Youth Community IMAGO Indonesia. "Sedangkan kekurangannya, mereka cenderung hanya berkumpul atau bergaul dengan teman-teman dari satu sekolah saja. Hal ini cukup menyulitkan kami dalam mengelola komunitas-komunitas yang ada." Lebih jauh, Dian juga memaparkan bahwa tujuan lain dari team building ini adalah untuk meningkatkan sense of belonging para anggota komunitas terhadap IMAGO Indonesia.

Para anggota komunitas nampak antusias mengikuti rangkaian acara team building. Dengan mengangkat tema Build Good and Great Community, para peserta mendapatkan training motivasi dari Sekti Raharjo, trainer ILNA Training Center. Dilanjutkan dengan sesi Me and My Community bersama PJ masing-masing komunitas. Dan hari pertama team building ditutup dengan persembahan dari masing-masing komunitas sambil menikmati barbeque bersama.

Keesokan harinya, para peserta dihadapkan dengan berbagai tantangan yang memacu adrenalin dan daya pikir dalam outbond. Tidak hanya fisik saja yang ditempa, tetapi juga kerja sama, kecepatan berpikir, dan semangat rela berkorban. Menjawab pertanyaan matematika sambil flying fox? Cuma ada di team building ala IMAGO Indonesia!

Di balik segala keceriaan team building ini, tersimpan harapan besar untuk para anggota komunitas. "Dalam rangka pembinaan komunitas pelajar yang kami miliki, saya harap kegiatan up grading komunitas ini dapat menjadi sarana peningkatan soliditas," ungkap Syahrizal Rakhman selaku Ketua IMAGO Indonesia. "Selain itu juga bisa membentuk diri anggota komunitas menjadi pribadi yg mandiri, peduli, serta memiliki empati yg tinggi," lanjutnya. (adji)



Diberdayakan oleh Blogger.