header_ads

Linguaphone.id

Publikasi Kinerja Diskominfo Kabupaten Bogor

 . 
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor selama tahun 2015 telah melaksanakan berbagai program kegiatan pembinaan. Pembinaan yang dilaksanakan oleh Diskominfo diberikan untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat Kabupaten Bogor. 

Pembinaan bidang komunikasi dan informatika yang diberikan berupa pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), pembinaan kemediamasaan, dan kehumasan. Hal ini tentunya dalam rangka mewujudkan visi Kabupaten Bogor menjadi kabupaten termaju di Indonesia, serta mewujudkan masyarakat Kabupaten Bogor menjadi masyarakat informasi. 

Peningkatan Kapasitas dan Produktifitas UKM Melalui TIK  

Para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Bogor meningkatkan kapasitas dan produktifitas usahanya melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Sejumlah pelaku UKM tersebut diberikan bimbingan teknis bidang TIK bertajuk “Promosi Efektif melalui Internet” oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor. 


Ini adalah salah satu upaya yang dilakukan Diskominfo dalam rangka meningkatkan produktifitas, pendapatan, dan daya saing melalui pemanfaatan teknologi di bidang informasi. Saat ini sudah eranya teknologi, maka kita harus beradaptasi dengan teknologi. Terdapat portal khusus untuk para pelaku UKM di Kabupaten Bogor yakni e-bisnis.bogorkab.go.id. Tentunya portal ini bisa bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, terutama untuk kepentingan pemasaran. Kami berharap setelah dilaksanakannya bintek ini para pelaku UKM dapat membawa ilmu dan diaplikasikan yang akhirnya bermanfaat untuk peningkatan usaha.  

Internet menjadi salah satu akses pemasaran para pelaku UKM kita. Dengan menggunakan TIK, UKM bisa meningkatkan produktifitasnya. Olehkarena itu bimbingan teknis ini diberikan untuk UKM di Kabupaten Bogor agar kedepan mereka bisa mengembangkan usahanya. 


Pembinaan Kemediamasaan Untuk Pelajar Kabupaten Bogor 

Sejumlah pelajar mewakili sekolahnya diberikan pembinaan kemediamasaan yang dilaksanakan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor. Sebanyak 80 pelajar antusias menerima materi tentang internet sehat, teknik penulisan berita, dan public speaking. 


Pembinaan ini untuk mendekatkan dunia kemediamasaan dengan kelompok masyarakat termasuk di dalamnya para pelajar, sehingga dapat meningkatnya sumber daya manusia bidang komunikasi dan informasi dalam memahami bebagai informasi yang diperoleh, baik dari media cetak, elektronik, maupun online. 

Para peserta akan memperoleh berbagai pengetahuan seperti tulisan berita yang sarat nilai (news value) dengan tetap memperhatikan aktualitas berita, kelayakan berita sesuai kebutuhan publik, check and recheck masalah, dan bagaimana membuat terobosan serta kreasi penulisan dengan gaya jurnalistik sastra, jurnalistik features, jurnailstik investigasi dan lain sebagainya. 


Pembinaan Teknologi Informasi  Untuk KIM 

Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor bekali Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) keterampilan teknologi informasi. Kegiatan pembinaan dan pemberdayaan ini bertujuan agar masyarakat bisa lebih paham dan berdaya dalam melakukan pengelolaan informasi dan teknologi yang saat ini berkembang sangat pesat. 


KIM tentunya harus memiliki keterampilan untuk meningkatkan kualitas sumber dayanya. KIM sebagai agen perubahan masyarakat diharapkan akan membawa kemajuan terhadap masyarakat, terutama dalam bidang teknologi informasi. 


Sosialisasi Pengembangan Intranet Untuk Kecamatan 

Dinas Komunikasi dan Informasi (DISKOMINFO) Kabupaten Bogor sosialisasikan pengembangan intranet untuk wilayah kecamatan se-Kabupaten Bogor. Kepala Diskominfo Wawan Munawar Sidik mengatakan salah satu penciri Kabupaten Bogor termaju di Indonesia adalah terbangunnya sistem informasi dan manajemen pemerintahan berbasis IT. 

Dalam rangka mendukung visi dan misi Kabupaten Bogor, Diskominfo Kabupaten Bogor pada tahun 2014 telah membangun sarana dan prasarana jaringan IT (Intranet) ke 29 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ditambah empat titik ke Perpustakaan dan Taman Bacaan Masyarakat, Ruang Kerja Bupati dan DPRD. Rencananya pembangunan jaringan IT (Intranet) pada tahun 2015 ini akan dikembangkan ke beberapa OPD yang belum terpasang dan seterusnya ke-40 kecamatan. 


Dengan terbangunnya jaringan intranet di seluruh OPD tentunya kami berharap selain menjadi kabupaten termaju di Indonesia. Ini juga dapat meningkatkan pelayan publik dan mewujudkan e-Government. Bagaimanapun TI dapat memudahkan kami untuk menembus ruang dan waktu sehingga pelayanan dapat dengan cepat tepat dan akurat diberikan kepada masyarakat. 

Intranet merupakan sebuah aplikasi yang mendukung implementasi e-Government. Jaringan intranet dibangun sebagai sarana yang digunakan untuk menjalankan beberapa aplikasi yang mendukung implementasi e-Government seperti SIPKD, E-KTP, Simpeg, E-Planning, dan lain-lain. 


Pembinaan Jurnalistik dan TI Untuk Humas OPD   

Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor melakukan evaluasi pengelolaan website Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta memberikan Bimbingan Teknis (Bintek) mengenai teknik penulisan berita. kepada seluruh pengelola website subdomain OPD se-Kabupaten Bogor. 


Evaluasi pengelolaan subdomain dan bintek pembuatan berita ini bertujuan agar mereka yang ditunjuk sebagai pengelola subdomain di OPD-nya masing-masing, dapat melengkapi konten/menu yang ada pada website. Serta mempublikasikan kegiatan yang dilakukan OPD dalam bentuk Berita agar masyarakat mengetahui kegiatan yang dilakukan Aparatur Sipil Negara. Tidak hanya itu, dengan bintek teknik penulisan berita ini, para pengelola website mampu melaporkan setiap kegiatan dalam bentuk artikel atau berita sesuai dengan kaidah yang ada


Pembinaan Editing Foto, Video dan Blog Untuk Pelajar Dan Masyarakat  

Maksud diselenggarakannya kegiatan ini adalah sebagai tahapan pengembangan electronic government (e-Government) yang tujuan utamanya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagaimana yang diamanatkan Inpres no.3 tahun 2003. Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pemanfaatan Teknologi Informasi bagi warga masyarakat. 


Peserta diberi pemaparan dasar tentang editing foto. Editing foto diberikan pada jam awal  agar pemahaman peserta dapat mudah mengikuti pembinaan singkat ini. Setelah editing foto barulah diberi materi editing video. Pada kesempatan tersebut peserta diharuskan membawa laptop agar dapat langsung mempraktekkan materi. Umumnya para peserta terutama dari kalangan UMKM merasa kurang puas mengingat waktu yang sangat singkat untuk pelatihan dengan tiga materi. 


16/10/2015
16/11/2015
 . 
Diberdayakan oleh Blogger.