header_ads

Lebaran.id

Bulan Eliminasi Kaki Gajah

Pencanangan 
Bulan Eliminasi Kaki Gajah 
Tahun 2015 
 
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menjadi tuan rumah Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA) tingkat nasional sekaligus Pencanangan Belkaga yang dilakukan secara serentak di 241 Kota dan Kabupeten seluruh Indonesia dengan tujuan kegiatan ini dilakukan untuk memberantas penyakit berbahaya kaki gajah yang dapat menyebabkan cacat permanen.

Dalam sambutannya, Bupati Bogor, Nurhayanti mengatakan, ia sangat mengapresiasi karena dapat menjadi tuan rumah kegiatan Belkaga tingkat nasional tahun 2015. Peningkatan kesehatan ini terus secara fokus dilakukan, bahkan untuk pencegahan kaki gajah dan penyakit lainnya dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dialokasikan dana sebesar 15,4 persen. 

"Untuk mengantisipasi berbahaya kaki gajah, Pemerintah Kabupaten Bogor akan melakukan menguatkan di tingkat dasar melalui sosialisasi di puskesmas dan juga kita akan sebar kader kader, agar masyarakat paham tentang bahaya penyakit kaki gajah," papar Bupati Bogor saat acara dilapangan Tegar Beriman, Kamis (1/10/2015)

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Nila Moeloek menuturkan salah satu tujuan Belkaga adalah terwujudnya pembangunan manusia di Indonesia. Artinya seluruh masyarakat Indonesia bisa terbebas dari penyakit apapun terutama penyakit berbahaya kaki gajah. Sehingga tidak lagi ada masyarakat yang terjangkit kaki gajah yang kini secara perlahan mengalami penurunan dari 19 persen menjadi 4 persen, dan lima tahun kedepan semua bisa terbebas dari penyakit eliminasi kaki gajah.

"Jadwal Kegiatan Minum Obat Pencegah Filariasis setiap Kecamatan berbeda. Jadwal minum obat di desa masing-masing terdapat di Kecamatan atau puskesmas. Pos minum obat terdapat didesa dengan jumlah pos bervariasi tergantung jumlah sasaran dan jangkauan pelayanan. Minum obat pencegah filariasis massal harus dilakukan di depan petugas/kader di pos minum obat," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, dr.Camelia. (adv)    


01/10/2015
30/10/2015


Diberdayakan oleh Blogger.