Header Ads

Desa Sukajaya Miliki Elemen Program P2WKSS

BERITA BOGOR - Lomba P2WKSS Jawa Barat Bukan Sekedar Mencari Juara. 

Desa Sukajaya merupakan lokasi yang tepat untuk implementasi program P2WKSS. Sejumlah elemen yang dinilai adalah identitas peserta, kegiatan pembanguman fisik seperti sarana prasarana jalan, tehabilitasi rumah tidak layak huni, pembuatan saluran air untuk limbah dan mck, kegiatan pembentukan kelompok binaan, kegiatan pemberian bantuan alat dan bahan, kegiatan pola hidup bersih dan sehat, pelatihan dan pembinaan di bidang olahan makanan dan lainnya, serta kegiatan inovasi yang mendukung.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Adang Suptandar memaparkan Kabupaten Bogor punya visi menjadi kabupaten termaju di Indonesia. Untuk mewujudkanya, salah satu tantangannya adalah meningkatkan perhatian dan seluruh stakeholder serta menggerakan seluruh kader desa dalam pelaksanaan program pendidikan dan kesehatan.

“Olehkarena itu program P2WKSS akan menunjang percepatan pembangunan khususnya di wilayah pedesaan. Kaum perempuan pedesaan diberikan pencerdasaan dalam membentuk keluarga yang tangguh. Kemudian dalam P2WKSS ini terlihat yang awalnya daerah tersebut rawan sosial ekonomi namun selanjutnya bisa mengalami peningkatan yang signifikan”, terang Adang.

Sementara, Ketua tim evaluasi lomba peningkatan peranan wanita menuju keluarga menuju sehat dan sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Jawa Barat, Reni Ambarsari mengatakan, Lomba program P2WKSS bukan hanya sebuah seremonial mencari juara saja. Hal tersebut ditegaskanya saat mengunjungi Desa Sukajaya, Kecamatan Tamansari, Senin (19/10/2015).

"Selama melakukan evaluasi, kami mendapatkan kabupaten dan kota sampai hari ini, ada daerah yang sudah melaksanakan dengan baik namun ada yang tidak baik contohnya soal laporan program P2WKSS yang tidak lengkap menggambarkan kondisi awal dan akhir secara ditail. Namun di Desa Sukajaya ini, dari awal kita lihat kekompakan yang didukung setiap OPD. Dan hari ini kami akan berusaha mengevaluasi apa adanya, mengatakan baik untuk yang sudah baik dan memberikan masukan untuk yang masih kurang.  Sedangkan tugas kami melakukan verivikasi di lapangan, tujuannya untuk peningkatan daerah pra sejahtera menjadi sejahtera. (Red)

Diberdayakan oleh Blogger.