header_ads

Linguaphone.id

Kapolri: Siap Amankan Tahapan Pilkada Serentak

BERITA BOGOR - Polri Menyatakan Siap Amankan Tahapan Pilkada Serentak. 

Menyambut penyelenggaraan Pilkada serentak siap mengamankan seluruh tahapan Pilkada serentak. Hal demikian, diungkapkan Kapolri, Jenderal Polisi Badrodin Haiti, dalam rakor penyerapan anggaran di Bappeda Jabar, Jalan Ir. Juanda, Kota Bandung Selasa (22/9/2015).

Kapolri menjelaskan pihaknya sudah memetakan kondisi daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak. Untuk Karawang dikategorikan daerah rawan karena diikuti 6 calon. Kehadiran banyaknya calon, membuka peluang sebesar-besarnya para tim sukses untuk mencari peluang dan metode agar dukungan calon menang

"Untuk Pangandaran dikategorikan agak rawan karena inisiator pendiri daerah otonom baru tidak dicalonkan dalam Pilkada serentak. Di sisi lain untuk Kabupaten Bandung, karena beberapa waktu lalu ada aksi demo dan pengrusakan baligo, aparat keamanan harus menyiapkan langkah antisipasi," jelasnya. 

 

Menurutnya, Polri untuk mengantisipasi gangguan di Pilkada serentak, telah membuat sentra penegakkan hukum hukum terpadu, (sentra gakumdu). Kehadiran tim tersebut,   diharapkan bisa efektif dalam menangani dugaan kasus tindak pidana Pemilu. 

"Saat menghadapi Pilkada serentak aparat keamanan diminta dapat menjaga netralitas. Di instansi pemerintah, jangan ada politisasi birokrasi, intelegen diminta mewaspadai potensi ini. Sementara melalui  Forkominda, diminta dapat mendeteksi dini dan peringatan dini atas potensi politisasi birokrasi . Pengamanan Pilkada serentak oleh Polri, dilaksanakan di semua tahapan Pilkada," tegasnya. (rsd) Editor: Risdiana
Diberdayakan oleh Blogger.