header_ads

Linguaphone.id

Layanan Transportasi Jabar Perlu Ditingkatkan

BERITA BOGOR - Dinas Perhubungan Jabar genjot layanan transportasi. 

Pada Hari Perhubungan Nasional 2015, yang diperingati setiap tanggal 17 September menjadi momentum bagi Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan fasilitas dan layanan transportasinya kepada masyarakat.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan, pihaknya kini terus meningkatkan layanan tranportasi seperti pembangunan infrastruktur dan menambah jumlah kendaraan. “Target Provinsi Jawa Barat di Perhubungan ini untuk infrastruktur seperti Bandara Kertajati. Rencana kita operasi di 2017. Dan diharapkan untuk tahun ini untuk Metropolitan Bandung kita akan mendapatkan 200 lebih kendaraan untuk Bus Rapid Transit (BRT),” ujarnya, Kamis (17/9/2015),

Dirinya menjelaskan mengenai konektivitas tranportasi kereta yang juga terus dibangun. Ia mencontohkan beberapa waktu telah dilakukan groundbreaking untuk Light Rail Transit (LRT) atau kereta api ringan untuk Cawang (Jakarta) – Bogor dan berharap konektivitas itu terus ditingkatakan dengan membangun LRT Cawang (Jakarta) – Delta Mas. 

Untuk perhubungan laut, saat ini Jabar pun telah melakukan kerjasama dengan PT Pelindo II untuk membangun kanal Cikarang-Bekasi-Laut (CBL). Dedi mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk mempermudah pergerakan dan menekan biaya produksi. Selain CBL, ada juga proyek pembangunan untuk Pelabuhan Cirebon dengan area seluas 50 ha. “Tahun ini juga akan memulai pembangunan Pelabuhan Cirebon dengan Pelindo II seluas reklamasi pantai 50 hektar. Itu diharapkan akan konektiviti dengan Bandara Kertajati,” katanya. 

Direncanakan pembangunan infrastruktur transportasi tersebut, juga akan didukung dengan mengaktifkan kembai jalur-jalaur kereta api, seperti dari Rancaekek – Tanjung Sari dengan harapan akan terkoneksi pula dengan Bandara Kertajati. (Rsd) Editor: Risdiana

Diberdayakan oleh Blogger.