Header Ads

Kabupaten Bogor Rawan Kebakaran Lahan

BERITA BOGOR - Dalam satu hari terjadi tiga kasus kebakaran lahan Bogor. 
 
Musim kemarau yang berkepanjangan yang melanda wilayah Kabupaten Bogor tak hanya berdampak pada bencana kekeringan dan krisis air bersih, melainkan pula ancaman bencana kebakaran lahan. Pasalnya, dalam satu hari telah terjadi kebakaran yang disebabkan oleh kekeringan dan teriknya sinar matahari. 

Kejadian yang dilaporkan oleh Posko Pemadam Kebakaran pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Jum’at (18/9/2015) pagi, menyebutkan telah terjadi kebakaran lahan hutan bambu dan ilalang seluas 5000 meter yang terletak dilokasi RW o3 Desa Benteng Kecamatan Ciampea.  

Dihari yang sama juga terjadi kebakaran lahan di lokasi Kelurahan Naggewer Mekar, tepatnya dibelakang area Bakosantanal, yang menghanguskan seluas 1 hektar lahan. Menyusul terjadi kebakaran sampah pada tempat penampungan sampah sementara yang lokasinya terletak di RW 04 Pondok Rajeg, Cibinong.  

Kepala Seksi Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana, Budi Aksomo menjelaskan pihaknya telah menerjunkan sebanyak 7 unit armada pemadam kebakaran dengan sejumlah personil  yang telah terlatih ke tiga titik lokasi kebakaran tersebut. “Kami terjunkan 7 armada dan personil yang terlatih ke lokasi yang medannya sulit dilalui armada yang kita punya, akan tetapi kita berhasil mencapai titik api dan memadamkannya,” jelasnya.  
 .
 
Untuk diketahui, BPBD Kabupaten Bogor melalui Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan telah mengadakan Pelatihan Pemadam Kebakaran Tingkat I bagi Para Anggota Satlakar sebanyak 30 Personil yang berlangsung di Cipayung lama 3 (tiga) hari, yakni tanggal 26 -2 Agutsus 2015 dengan narasumber dari Badan Diklat Ciracas, Jakarta.  

Kegiatan ini bertujuan untuk lebih meningkatkan kemampuan personil khususnya dalam hal memadamkan kebakaran yang sering terjadi di wilayah Kabupaten Bogor. Untuk tahap selanjutnya dalam tahun anggaran 2016-2018 akan dilaksanakan pula berturut-turut kegiatan Pelatihan pemadam kebakaran Tingkat II, Pelatihan Pemadam Tingkat III dan Pelatihan Pemadam Tingkat Inspektur. (adjie) Editor: Alsabili  

 .
Diberdayakan oleh Blogger.