header_ads

Linguaphone.id

Warga Kampung Parigi Perbaiki Irigasi

BERITA BOGOR - Warga Kampung Parigi gotong royong perbaiki saluran irigasi. 

Warga Kampung Parigi, Desa Parigi Mekar, Kecamatan Ciseeng, swadaya memperbaiki saluran irigasi. Pemerintah Kabupaten Bogor diharapkan menanggapi kegiatan ini. Saluran irigasi Induk Sasak ini sudah lama bocor di beberapa titik. Padahal, irigasi ini mengaliri empat desa di tiga kecamatan. Namun, baru kali warga mencoba memperbaikinya dengan cara swadaya. 

Aksi gotongroyong ini pun dapat apresiasi dari Ketua DPRD Kabupaten Bogor, serta unsur muspika. Kemarin, rombongan wakil rakyat dan muspida ini melihat langsung kondisi di lapangan. “Kami mengapresiasi kegiatan ini. Sekarang, kami tahu kondisi di lapangan seperti apa,” ujar Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ade Ruhandi, saat mengunjungi lokasi perbaikan irigasi Induk Sasak, Kamis (6/8/2015).

Jaro Ade mengatakan, aspirasi yang disampaikan ini akan direalisasikan dalam bentuk tindakan. Sebab, ini sesuai program pemerintah Pusat dan Kabupaten Bogor. “Jelas akan kami tindak lanjuti. Ini sesuai program ketahanan pangan Jokowi, juga Bupati yang sudah tertuang dalam RPJMD,” imbuhnya. Sementara itu, Ketua Panitia Acara, Firdaus Arif Kurnia menegaskan, dukungan ini diharapkan segera direalisasikan. 

Selama beberapa hari ini, perbaikan irigasi hanya dilakukan sekelompok warga, dibantu Babinsa dan Babinmas, Firdaus menjelaskan, selama ini tidak ada bantuan pemerintah maupun dinas terkait. “Menggali tanahnya, warga ngegotong jalan kaki dua kilometer. Untunglah dibantu Babinsa dan Babinmas,” bebernya. 

Pihaknya sengaja mengundang Muspida agar melihat apa yang dibutuhkan untuk perbaikan ini. Pasalnya, aliran irigasi ini merupakan penunjang utama bagi 70 ribu hektare lahan pertanian di empat desa di tiga kecamatan. “Tidak lagi hanya katanya, mereka bisa melihat langsung kondisi di lapangan. Jadi, tak ada lagi alasana untuk tidak action sesuai kebijakan masing-masing,” tukasnya. (red)


Diberdayakan oleh Blogger.