Header Ads

Rencana Pembangunan Gapura Pecinan Dan Tugu Monumental Kota Bogor

BERITA BOGOR - Rencana pembangunan gapura pecinan dan tugu monumental. 

Rakor Kota Pusaka Bahas Siteplan Tugu dan Gapura Bappeda Kota Bogor menggelar Rapat Koordinasi Penataan Fisik Kota Pusaka Bogor Tahun 2015 bertempat di Vihara Dhanagun, Jalan Suryakencana Kota Bogor, Selasa (11/8/2015). 

Rapat dihadiri perwakilan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) RI, Satpol PP, DLLAJ, dan DKP Kota Bogor. Dalam rakor ini dibahas tentang site plan pembangunan Kota Pusaka.   

PT Pinapan Gunung Mas selaku pihak ketiga yang terlibat dalam proyek ini menyampaikan pemaparan pembangunan fisik kawasan kota yang berupa gapura pecinan dan tugu monumental. “Posisi gapura, awalnya 4 meter dari pos DLLAJ diundur menjadi 10 meter. Komposisi awal beton konvensional dirubah menjadi beton komposit. Hal tersebut mengingat padatnya arus lalulintas. Dengan beton komposit akan memakan waktu lebih cepat daripada beton konvensional,” jelasnya. 

Disisi gapura pun akan dilengkapi kawasan pedestrian yang juga diperuntukan bagi kaum difabel selebar 3,3 meter. “Pembangunan tidak akan menganggu arus lalulintas, kita telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait,” lanjut pihak kontraktor.

Untuk tugu monumental, rencananya akan dibangun setinggi 13 meter dan secara visual bersebelahan dengan tugu kujang. Di sampingnya nanti akan dilengkapi gazebo. “Bisa diibaratkan sebagai backdropnya tugu kujang. Manfaatnya lebih menyerupai pedestrian yang cukup luas dengan dilengkapi media-media bagi para seniman,” ungkapnya. 

Kang Ace yang mewakili Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kota Bogor (DK3B) turut menyampaikan masukannya terkait rencana pembangunan gapura pecinan dan tugu monumental.  “Prinsipnya para seniman Kota Bogor mendukung, namun tetap memperhatikan nilai-nilai budaya local,” ujarnya. (rahmat/sella) 

Diberdayakan oleh Blogger.