header_ads

Linguaphone.id

Prof.Dr.EKS.Harini: Potensi Ekowisata Harus Dikelola

BERITA BOGOR - Peneliti IPB: Potensi Ekowisata Kabupaten Bogor Belum Tergarap Maksimal. 

Peneliti yang juga Guru Besar IPB di Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Prof DR. E.K.S. Harini Muntasib mengatakan, Kabupaten Bogor memiliki potensi ekowisata yang luar biasa namun sayangnya belum tergarap maksimal.Potensi ekowisata tersebut tersebar diwilayah barat Kabupaten Bogor, seperti Jasinga, Leuwiliang, Ciampea dan sekitarnya.

Berdasarkan penelitian prioritas di Kabupaten Bogor, wilayah yang cukup potensial dikembangkan ekowisata asli adalah Barat yang banyak terdapat situs dan goa-goa yang menarik wisatawan. Hal ini disampaikan Prof.Dr.EKS.Harini dalam dialog dengan wartawan di Kampus IPB Baranangsiang, Kamis (30/7/2015).

"Di wilayah Barat Kabupaten Bogor terdapat tiga goa yang bisa dikembangkan menjadi ekowisata asli yang akan jauh lebih menarik dari pada Puncak dan sekitarnya. Konsep ekowisata merupakan pengelolaan kawasan wisata secara alami, dimana masyarakat lokal dilibatkan dan ikut merasakan manfaat dari kegiatan wisata setempat," ungkapnya. 

Menurutnya, masyarakat adalah subjek dari ekowisata, bukan objek. Konsep ekowisata ini menjual program atau paket wisatanya, apa saja namanya, masyarakat ikut berperan dalam perencanaan setiap tahapan pengembangannya. Dinas Pariwisata kurang memahami konsep wisata dan bagaimana untuk mengembangkannya secara terpadu. Padahal sudah ada Peraturan Menteri Nomor 33 Tahun 2009 tentang pedoman pengembangan ekowisata di daerah yaitu adanya tim koordinasi ekowisata provinsi dan tim koordinasi ekowisata kabupaten/kota yang merupakan wadah koordinasi dan komunikasi antarpelaku ekowisata di daerahnya. 

"Pemerintah daerah dapat menjadi fasilitator dalam mengembangkan ekowisata alami, keuntungan yang diperoleh jauh lebih besar dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tetapi terjaganya ekosistem serta masyarakat mendapatkan manfaat dari sektor ekonomi yang berkembang," jelasnya. (red)




Diberdayakan oleh Blogger.