header_ads

Linguaphone.id

Petroleum Masih Dalam Kajian

BERITA BOGOR - Rencana Program Petroleum Perlu kajian Dan Analisis. 

Petroleum Fund Masih dalam Kajian Pemerintah Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengkaji skema stabilisasi harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan waktu perubahan harga BBM. 

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengatakan, pihaknya masih mencari formula yang pas untuk mengatur stabilitas harga BBM. Rencananya, stabilisasi harga BBM akan diterapkan tahun depan atas persetujuan DPR. Untuk petroleum fund tahun ini tidak bisa dilaksanakan, karena menganggarkannya tahun pada depan melalui kajian dan analisi untuk tahun berikutnya. "Hal tersebut membutuhkan persetujuan komisi VII dan badan anggaran." kata Wirat, Kamis (30/7/2015).

Menurutnya, kajian tersebut mengenai instansi yang pengelola dana sekaligus juga sumber pendanaannya. Ada dua pertimbangan skema sumber dana, yaitu disediakan oleh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) seperti di Thailand atau berasal dari pajak seperti Malaysia. Pemerintah juga sedang melakukan kajian waktu perubahan harga BBM, dalam kajian tersebut timnya mempertimbangkan berbagai aspek selain harga acuan (Mean Of Plates Singapura/MOPS) yaitu sosial, ekonomi dan politik.  (Pew/Gdn/Red)


Diberdayakan oleh Blogger.