Header Ads

Peringatan Hari Koperasi Ke-68 Jawa Barat

BERITA BOGOR - Peringatan Hari Koperasi Ke-68 Di Kabupaten Bogor. 

Kabupaten Bogor menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Koperasi Ke-68 Tingkat Jawa Barat, Jum'at (7/8/2015, di Lapangan Tegar Beriman Kabupaten Bogor. Pembukaan secara resmi Hari Koperasi Ke-68 ditandai dengan memainkan Angklung oleh Menteri Koperasi dan UKM dan Gubernur Jawa Barat.  

Peringatan ini juga dihadiri Bupati Bogor Hj. Nurhayanti dan undangan Wakil Ketua DPRD Jabar, Irfan Suryanagara, Bupati Bogor, Sekertaris Dekopin Pusat, Ketua Dekopinwil Jabar, Mustofa dan Pengurus Koperasi se-Jawa Barat dan pimpinan OPD Provinsi Jabar. 


Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jabar, Anton Gustoni melaporkan peringatan Hari Koperasi kali ini diramaikan dengan gelar produk koperasi dan UKM se-Jabar yang di ikuti seratusan peserta. "Tujuan diperingatinya Hari Koperasi kali ini, yaitu untuk mengembangkan kreatifitas KUMKM melalui interaksi dengan masyarakat luas sebagai konsumen dan meningkatkan aksebilitas kemitraan usaha koperasi dan UMKM dalam rfangka kerjasama yang saling menguntungkan," paparnya.

Dilanjutkan sambutan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang berharap agar koperasi bisa menjadi satu-satunya yang dapat mensejahterakan rakyat. Untuk itu, Gubernur meminta kepada tiap kepala daerah untuk membantu Kopinda dalam anggarannya agar lembaga tersebut dapat mendorong dan membina koperasi-koperasi. Gubernur meminta kepada Kepala Dinas KUMKM, agar melakukan penilaian terhadap koperasi terbaik di Jawa Barat, dan Gubernur berjanji akan memberikan reward sebesar Rp 1 Milyar.

Utamanya pada sambutan Menteri Negara Koperasi dan UMKM, Anak Agung Gedengurah Puspayoga memberikan apresiasi ide-ide Gubernur Jawa Barat dalam hal mengembangkan koperasi. Salah satunya adalah dibentuknya koperasi PNS, baik berskala ragional Jawa Barat maupun Nasional. Mengenai jumlah koperasi secara nasional yang berjumlah 147 ribu koperasi, jumlah tersebut adalah yang aktif dan  kini terbentuk dan terdaftar secara online system sehingga memudahkan mencari koperasi secara nasional karena mempunyai nomor induk. 

Menteri Negara Koperasi dan UMKM akan mengupayakan ikutsertaan koperasi, yaitu KUD-KUDnya sebagai distributor pupuk untuk petani. Upaya ini mudah-mudahan menjadikan koperasi menjadi menggeliat lagi, harapnya. (rba) Editor: Robby Al Amin

Diberdayakan oleh Blogger.