header_ads

Linguaphone.id

PDAM Tirta Pakuan Siapkan SPAM Intake

BERITA BOGOR – Sistem pengelolaan air minum 600 liter per detik siap layani konsumen. 

Rencananya pada tahun 2017 mendatang, pembangunan Intake Pasir Angin di Wilayah Desa Pasir Angin, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Pakuan Kota Bogor. 

Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Untung Kurniadi mengaku siap untuk melayani masyarakat Kota Bogor terutama untuk wilayah Bogor Timur dan wilayah Utara Kota Bogor dengan pengadaan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) dengan debit 600 liter per detik. Pembangunan Intake Pasir Angin yang mengolah aliran Sungai Ciliwung menjadi air bersih mampu mengurangi beban permintaan pelanggan yang kini mencapai sekira 60.000 pelanggan. 

“Dengan adanya permintaan kapasitas 2.050 liter perdetik tentunya tidak dapat lagi memenuhi kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu dibutuhkan pengembangan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) yang mana diprediksikan tahun 2017 Kota Bogor akan mengalami Krisis Air Bersih. Karena menurutnya dengan kapasitas yang ada tidak akan mencukupinya lantaran Laju Pertumbuhan Penduduk (LPP) terus meningkat disetiap tahunnya sekitar 2,74 persen,” kata Dirut PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Rabu (5/8/2015).

Selain itu, pembangunan Intake Pasir Angin seluas 2 hektare yang dibiayai APBN Rp24 miliar ini, untuk mengejar target laba bersih 100 persen tahun 2019 serta antisipasi kekeringan yang diperkirakan terjadi tahun 2018. 

“Kami targetkan akhir 2016 atau awal 2017 Intake Pasir Angin ini akan bisa beroperasi. Kekurangan biaya tahap II sampai tahap IV untuk pembangunan water treatment plan, transmisi air bersih, reservoar, pipa distribusi, dan pipa retrikulasi, kami akan meminta bantuan APBN dan penyertaan modal dari APBD Kota Bogor. Kami masih kekurangan sekitar Rp150 miliar,” jelasnya. 

Berdasarkan kajian konsultan, kata dia, jenis dan kualitas air Ciliwung cukup layak untuk diolah dan dikonsumsi pelanggan PDAM. (erick) Editor: erick Mulyadi

Diberdayakan oleh Blogger.