header_ads

Optimalisasi Lahan Pertanian Bogor

BERITA BOGOR - Panen Raya Padi Kegiatan Optimasi Lahan Kabupaten Bogor. 

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor bersama dengan Kepala BKP5K Kabupaten Bogor, Dandim 0621, Kepala Bulog Subdivre Cianjur,  Camat Pamijahan, Danramil dan Kapolsek Cibungbulang, mengikuti panen raya padi kegiatan Optimasi Lahan di lahan seluas 20 hektar milik kelompok tani Cinta Tani, Gapoktan Asmara Jaya, Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan, Jum'at (21/8/2015).

Ubinan yang dilaksanakan pada petak ubinan 3m x 4m menghasilkan panen sebesar 12,5 kg padi, atau jika dikonversikan menghasilkan produktivitas sebesar 104,17 ku/ha GKP (gabah kering panen) atau 86,00 ku/ha GKG (gabah kering giling).

Kegiatan Optimasi Lahan merupakan kegiatan Prasarana dan Sarana Pertanian APBN yang mendukung Program Upsus Pajale (padi, jagung, kedele) yang diprogramkan pemerintah untuk mencapai target swasembada pangan di tahun 2017.  

Optimasi Lahan ini dilaksanakan di lahan seluas 800 hektar yang tersebar di beberapa kecamatan. Kegiatan ini diharapkan mampu memperbaiki dan meningkatkan kesuburan tanah sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan indeks pertanaman padi sawah, yang pada akhirnya akan mampu memenuhi kebutuhan pangan khususnya di Kabupaten Bogor. (Red)

Diberdayakan oleh Blogger.