Header Ads

Nurhayanti: Sidak Proyek Percepat Perbaikan Jalan

BERITA BOGOR - Bupati Bogor Sidak Proyek Jalan Cibinong-Ciapus. 

Untuk memberikan terapi kejut bagi para pengembang rekanan Pemkab Bogor, Bupati Bogor, Nurhayanti melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke proyek perbaikan ruas jalan Ciapus Kecamatan Ciomas dan penambalan jalan Cibinong-Ciapus, Selasa (4/8/2015). 

Menurut Nurhayanti, inspeksi mendadak juga dilakukan karena serapan anggaran pembangunan infrastruktur cenderung lambat. Dikhawatirkan, ada endapan dana lagi berupa sisa lebih penggunaan anggaran seperti tahun 2014 yang mencapai Rp 1,1 triliun. 

Dirinya menjelaskan Silpa tersebut bukan karena program yang tidak selesai tetapi karena belanja yang jauh lebih rendah dari target, efisiensi dana, dan pelaksana yang tidak menyelesaikan pekerjaannya. 

Seperti halnya alokasi dana perbaikan jalan di Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten bogor terdapat banyak proyek yang tidak selesai karena pengembang mangkir lalu masuk dalam daftar hitam atau dilakukan blacklist. 

“Jadi ada Silpa Rp 1,1 triliun itu bukan karena tidak terserap, tapi karena efisiensi yang kurang baik dan over target. Saya telah memerintahkan seluruh SKPD untuk lebih ketat dalam pengawasan serapan dana pengerjaan fisik untuk menunjang efisiensi penggunaan anggaran serta pengerjaan fisik. Namun, tidak dengan memperlambat distribusi anggaran," jelasnya. (red)


Diberdayakan oleh Blogger.