header_ads

Linguaphone.id

Kenaikan Nilai Dollar Pengaruhi Pengrajin

BERITA BOGOR - Pengrajin Mulai Terkena Dampak Kenaikkan Dollar. 

Kenaikkan nilai tukar Dollar Amerika terhadap rupiah mulai dirasakan dampaknya oleh para pengrajin tepung tapioka di kampung Rambay Ciluar Kota Bogor. Pasalnya, bahan baku singkong sulit diperoleh dimusim kemarau dan besarnya biaya produksi olahan.

Kepada Berita Bogor, Pengrajin tepung tapioka Aden (34) mengaku mengalami penurunan produksi lantaran berbagai faktor dan permodalan. "Semua harga bahan baku tidak bisa lagi ditekan padahal harga jual rendah, sedangkan segala sesuatu yang berkaitan dengan produksi olahan butuh pasokan modal," keluh Aden, kemarin. 

Dilokasi berbeda, pengrajin tahu di Jawa Barat juga mengeluhkan biaya produksi dan bahan baku. "Saya membeli kacang kedelai impor Rp 6.500 per kilogram. Hari ini (Rabu, 26/8), harga kacang kedelai impor sudah naik menjadi Rp 7.200 per kilogram,” kata Iwan, salah seorang pengrajin tahu di RT 07 RW 07, Kelurahan Warung Muncang, Rabu (26/8/2015).

Kenaikkan harga kacang kedelai impor tersebut, menurut Iwan, sangat mempengaruhi kegiatan usahanya. Diantaranya, keuntungan usaha tahu yang digelutinya dan menjadi andalan untuk menghidupi keluarga menjadi berkurang. (Red)

Diberdayakan oleh Blogger.