Header Ads

BPPKB Sosialisasi Pencegahan Trafficking

BERITA BOGOR - Pemerintah Kabupaten Bogor Sosialisasi Pencegahan Trafficking. 

Demi mencegah dan menanggulangi terjadinya kembali korban trafficking di wilayah Kabupaten Bogor,Badan Pemberdaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Bogor menggelar Pelatihan Pencegahan, Penanganan, Perlindungan Korban Perdagangan Orang (Trafficking) yang diikuti hampir 60 Tim Penggerak Desa (TPD) se-Kabupaten Bogor di Hotel Cipayung Asri, Rabu (12/8/2015). 

Dalam sambutan Kepala BPPKB yang dibacakan Sekretaris BPPKB Kabupaten Bogor Ratih Sunarti, mengatakan bahwa berbagai data baik dari Kepolisian, Badan Tenaga Kerja Indonesia, International Organization for Migration dan Komnas Perempuan, perdagangan orang masih banyak terjadi. Bahkan ada indikasi bahwa kasus tindak pidana perdagangan orang jauh lebih besar dari data yang dilaporkan, mengingat sistem dan mekanisme perlindungan yang belum berjalan efektif serta berbagai kendala social yang menyulitkan korban untuk melaporkan. Hal itu juga kerap terjadi di wilayah Kabupaten Bogor. 

"Dari data P2TP2A Kabupaten Bogor. Pada tahun 2014 sudah terjadi 11 kasus yang dilaporkan dan dialami oleh warga Kabupaten Bogor. Angka ini cenderung meningkat dari tahun – tahun sebelumnya. Kemungkinan ada 2 faktor, yaitu adanya peningkatan kasus perdagangan orang dan atau meningkatnya kesadaran masyarakat untuk melaporkan adanya kasus perdagangan orang yang terjadi” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, Pemkab Bogor juga telah memberikan perhatian yang besar dalam mencegah, menangani, dan melindungi korban perdagangan orang. Serta Pemkab terus melakukan kewaspadaan dini terhadap tindak perdagangan orang dengan memberikan pembinaan kepada berbagai unsur Pemerintah Daerah, dan Masyarakat, meliputi koordinasi, bimbingan, supervise hingga konsultasi. 

“Pelatihan trafficking ini wajib diikuti Satgas dari tingkat desa hingga gugus tingkat kecamatan, dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan, pemahaman, kesadaran dan efektivitas pelaksaan pencegahan tindak pidana perdagangan orang bagi tenaga penggerak desa yang tersebar di Kabupaten Bogor, agar pencegahan dan penangannnya bisa ditindak lebih dini,” jelasnya (Rilis)


Diberdayakan oleh Blogger.