header_ads

Linguaphone.id

Bogor Siap Tingkatkan Kualitas Hidup Anak

BERITA BOGOR - Dinkes Kabupaten Bogor Gelorakan Program Gema Mapan. 

Melalui Rilis, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor akan menggelorakan program remaja Gerakan Penyelamatan Masa Depan (Gema Mapan). Dinkes menerangkan bahwa program Gema Mapan akan disosialisasikan di Hotel M-One, Bogor, pada tanggal 4 sampai 11 Agustus 2015. 

Gema mapan perlu dilakukan sejak periode emas, dan masa tersebut dimulai sejak kontrasepsi sampai dengan umur 5 tahun, lalu dilanjutkan pada masa sekolah dan remaja. Upaya tersebut dapat dilaksanakan dengan cara meningkatkan akses ibu hamil, ibu bersalin, serta pemeliharaan kesehatan bayi dan balita. 

Disebutkan, pencegahan dan penanggulangan penyakit juga harus digalakkan sehingga kesehatan anak terjaga dengan tumbuh kembang yang optimal. Untuk terselenggaranya hal tersebut, perlu adanya kesinambungan pelayanan di tingkat keluarga dan masyarakat, fasilitas pelayanan kesehatan, serta peran masyarakat serta multi stakeholder/sektor dengan mengoptimalkan sistem/fasilitas yang sudah ada di masyarakat. 

Untuk diketahui, kondisi anak, yang didefinisikan Undang-Undang sebagai seseorang berusia 0-18 tahun, terbilang rawan. Terlebih, kelompok anak usia sekolah dan remaja rentan diterpa masalah kesehatan reproduksi remaja maupun masalah akibat narkotika, zat adiktif, alkohol, dan rokok. Jika hal ini tidak ditanggulangi dengan baik, bukan hanya menyebabkan masa depan remaja yang suram, akan tetapi juga dapat menghancurkan masa depan bangsa. (red)

Diberdayakan oleh Blogger.