header_ads

Linguaphone.id

Bogor Diserbu Warga Pendatang Baru

BERITA BOGOR - Ribuan Pendatang Baru Mulai Ajukan Permohonan Tinggal di Bogor. 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kembali menghadapi warga pendatang baru kewilayahnya. Bahkan saat ini ribuan pendatang baru sudah mulai mengajukan permohonan tinggal/menetap di bumi tegar beriman. 

Banyak kalangan menilai, lonjakan pendatang baru ke Kabupaten yang dipimpin Nurhayanti ini karena beberapa alasan. Diantaranya, karena Kabupaten Bogor dekat dengan Provinsi DKI Jakarta, Banten, maupun Kabupaten Bekasi. 

Hal ini tentu saja menjadi masalah yang tidak bisa dipandang remeh, pasalnya jumlah penduduk Kabupaten Bogor pada tahun 2014 saja sudah menembus angka 5,3 juta jiwa. “Benar-benar pekerjaan berat ya, karena Kabupaten Bogor ini seperti gula jadi banyak peminatnya,” kata Bupati Bogor, Nurhayanti. 

Menurutnya, hingga Juni 2015 tercatat sekitar 36.000 orang pendatang baru yang telah mengajukan permohonan tinggal. Padahal pada tahun sebelumnya pendatang baru yang mengajukan permohonan hanya mencapai 11.000 orang. “Artinya, terjadi peningkatan pendatang baru sebanyak 3 kali lipat dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

Bupati Bogor mengakui, kedatangan pendatang tersebut tidak bisa dihentikan selagi para pedatang yang berfikir jika Jabodetabek merupakan sumber nafkah mereka. Karena itu merupakan hak semua warga
negara. Namun demikian, pihaknya akan mengambil sikap terkait melonjaknya kedatangan pendatang baru itu. 

“Guna mengantisipasi kedatangan warga pendatang itu Pemkab Bogor sendiri tengah mengkaji beberapa wilayah yang bersinggungan langsung dengan Jakarta agar bisa membuatkan pemukiman. Kami juga akan menggelar operasi yustisi untuk mengurangi jumlah kepadatan penduduk tersebut,” imbuhnya. (wd/red)



Diberdayakan oleh Blogger.