header_ads

Rumah Sakit Tetap Siaga Saat Idul Fitri 1436 H

BERITA BOGOR - Layanan Kesehatan Harus Tetap Prima Saat Lebaran. 

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat menghimbau kepada seluruh rumah sakit untuk siap siaga dalam menghadapi kemungkinan menerima korban kecelakaan selama masa lebaran. ”Bagaimana kita bersama mempersiapkan arus mudik lebaran dalam bidang kesehatan kepada masyarakat,” ucap Kepala Dinas Kesehanatan Jabar, Alma Luchyati, kemarin. 

Menurut Alma, pihaknya bersama-sama seluruh dinas kesehatan melaksanakan Instruksi Presiden no. 3 tahun 2004 tentang Koordinas Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu serta Peraturan menteri Kesehatan No.61 tahun 2013 tentang kesehatan pada arus mudik. 

“Kita bidang kesehatan menekankan adanya persiapan pelayanan pada saat mudik serta arus balik lebaran kepada masyarakat, serta meningkatkan pelayanan kesehatan yang dan pada tempat-tempat yang ada di jalur angkutan lebaran,” ucapnya. 

Alma menyatakan, dengan melihat tugas dan fungsi bidang kesehatan, maka kita  telah melakukan kesiapan yang harus dilakukan mulai  dari memberikan pelayanan pada pra kecelakaan dan pasca kecelakaan dengan sistem penanganan kegawatdaruratan. “Untuk kesiapan menghadapi arus mudik lebaran kita telah melakukan kerjasama dengan 27 kota dan kabupaten dan mereka telah melaporkan kesiapan sarana dan prasana yang ada,” pesannya.

Dirinya berharap, semua rumah sakit yang ada di kota dan kabupaten mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan yang terjadi saat arus mudik. “Rumah Sakit harus siap siaga jika menerima korban kecelakaan, dan jika tidak bisa ditangani bisa merujuknya ke RSHS sebagai rumah sakit rujukan,” katanya. (par) Editor: Robby



Diberdayakan oleh Blogger.