header_ads

Linguaphone.id

Publikasi Kinerja Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Bogor Tahun 2015

PENINGKATAN PELAYANAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN 
MELALUI 
SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN
. 




Dalam rangka mendukung pencapaian target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Visi Kabupaten Bogor Tahun 2013 – 2018, yaitu Terwujudnya Kabupaten Bogor Menjadi Kabupaten Termaju di Indonesia.

Salah satu dari Penciri termaju adalah “Seluruh masyarakat memiliki ktp elektronik”, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor melaksanakan pelayanan dokumen kependudukan khususnya pelayanan perekaman dan pencetakan KTP elektronik yang dilaksanakan secara statis di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor setiap hari kerja maupun pelayanan langsung (mobile) di 40 (empat puluh) kecamatan yang dilaksanakan pada hari Selasa dan Kamis. 

Capaian kinerja hasil dari pelayanan perekaman dan penerbitan KTP elektronik secara statis maupun mobile pada tahun 2015 ini, sampai dengan bulan Mei Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor telah menerbitkan KTP elektronik sebanyak 58.049 keping, sehingga secara total akumulasi dari Penerbitan KTP elektronik selama ini mencapai 2.550.307 keping atau 78% dari jumlah wajib KTP sebesar 3.283.984 jiwa sehingga masih tersisa sebanyak 919.336 jiwa lagi yang belum memiliki KTP elektronik (Data Konsolidasi Bersih Semester 2 Tahun 2014). 

Berdasarkan hal tersebut maka saat ini telah ada upaya percepatan pemenuhan kepemilikan KTP elektronik tersebut guna mewujudkan Visi Kabupaten Bogor menjadi Kabupaten Termaju di Indonesia, sehingga diharapkan pada tahun 2018 seluruh masyarakat Kabupaten Bogor telah memiliki KTP elektronik. 

Selain pelaksanaan kegiatan pelayanan perekaman dan pencetakan KTP elektronik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor juga melaksanakan beberapa kegiatan lain dalam rangka penataan administrasi kependudukan, yaitu :

1. Kegiatan Pelayanan Terpadu Pencatatan Perkawinan, Perceraian, Kelahiran dan Hak Identitas Hukum lainnya di Kabupaten Bogor. 
  • Pelaksanaan kegiatan pelayanan terpadu (sidang keliling) dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 12 Mei 2015 bertempat di aula Kecamatan Bojonggede yang  dihadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Cibinong, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor dan Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Bojonggede, sedangkan untuk pelaksanaan pelayanan terpadu tersebut terdiri dari unsur Pengadilan Negeri yaitu Hakim 2 (dua) orang, Panitera 4 (empat) orang dan Petugas Administrasi 8 (delapan) orang serta unsur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebanyak 4 (empat) orang. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pelayanan terpadu (sidang keliling) adalah Penetapan Pengadilan Negeri untuk Perubahan Nama serta pencatatan perubahan nama dalam Akta Kelahiran sebanyak 12 (dua belas) orang. 

Foto pelaksanaan kegiatan pelayanan terpadu (sidang keliling), 2015 

2. Kegiatan Sosialisasi Media Elektronik 
  • Pelaksanaan kegiatan sosialisasi media elektronik dilaksanakan dalam rangka melakukan sosialisasi pelayanan kependudukan terkait dengan perubahan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan bertempat di Radio Pertanian Ciawi. Dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi media elektronik juga terdapat forum tanya jawab dari pemirsa terkait dengan pelayanan dokumen kependudukan dan catatan sipil. 

Foto pelaksanaan sosialisi di radio RPC,2105 

3. Kegiatan Bimbingan Teknis Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  • Pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis kependudukan dan pencatatan sipil dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa tanggal 18 s.d. 19 Mei 2015 bertempat di gedung Pusdai Komplek Perkantoran Pemkab Bogor. 
  • Peserta Bimtek terdiri atas petugas register dan petugas operator sebanyak 120 orang peserta dari 40 (empat puluh) kecamatan se-Kabupaten Bogor dengan menghadirkan narasumber dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Pemerintah Provinsi Jawa Barat serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor yang dilaksanakan dengan penyajian materi/pemaparan, diskusi dan tanya jawab serta pembahasan/bedah kasus permasalahan yang terjadi dilapangan. 
  • Diharapkan dengan adanya pelaksanaan bimbingan teknis tersebut dapat meningkatkan pengetahuan bagi petugas register maupun petugas operator di kecamatan mengenai administrasi kependudukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan teknis pengelolaan perekaman data dan penerbitan dokumen kependudukan dengan menggunakan SIAK online. 
Foto pelaksanaan Bimtek Kependudukan dan Capil di Gedung PUSDAI, Cibinong, 2015

4. Kegiatan Partisipatif Pelayanan Administrasi Kependudukan 
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor  juga berpartisipasi dalam beberapa : 
1. Lomba Desa Tingkat Propinsi  Jawa Barat yaitu dengan melaksanakan kegiatan pelayanan dan penerbitan akta kelahiran  di desa Cikeas Udik Kecamatan Gunung Putri pada tanggal 4 bulan Mei 2015. Dari hasil pelaksanaan kegiatan pelayanan dan penerbitan akta kelahiran pada acara lomba desa, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor menerbitkan 260 akta kelahiran.
2. Peringatan Hari Keluarga Nasional ke XXII Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2015 yang dilaksanakan pada tanggal 6,7 dan 8 Juni 2015 bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Bogor yang ke 533 yang jatuh pada tanggal 3 Juni 2015. Dalam acara tersebut Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor melaksanakan kegiatan sosialisasi pelayanan dokumen catatan sipil  selama 2 (dua) hari dari tanggal 7 s.d. 8 Juni 2015.

Foto Partisipasi Disdukcapil di Hari Keluarga Nasional ke XXII Tingkat Provinsi Jawa Barat, Cibinong, 2015

Optimalisasi dalam pelaksanaan pelayanan merupakan hal penting yang perlu diupayakan dalam rangka mewujudkan kelancaran pelaksanaan program dan kegiatan yang telah direncanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Oleh karena itu, pentingnya dukungan dari seluruh pihak yang terkait sehingga dapat mencapai tingkat pelayanan prima dan kepuasan publik yang tinggi. (Adv)





Kepala Dinas Kependudukan
Dan Catatan Sipil Kabupaten Bogor 


Dr. RH. Oetje Subagdja, SP 




06/07/2015
06/08/2015
.

Diberdayakan oleh Blogger.