Header Ads

ISCO 2015

BERITA BOGOR - ISCO 2015 akan menjadi kompetisi statistik terbesar Indonesia. 

The committee of Indonesia Statistics Conference dan Olympiad (ISCO) didukung oleh Badan Pusat Statistik (BPS) akan menggelar Indonesia Statistics Conference and Olympiad (ISCO) Tahun 2015. 

ISCO adalah rangkaian seminar dan kompetisi-kompetisi statistika berskala nasional yang dinaungi oleh ISI, bekerja sama dengan FORSTAT dan BPS yang diselenggarakan oleh mahasiswa Statistika IPB dan STIS. "ISCO 2015 merupakan debut pertama dari peleburan kompetisi-kompetisi statistik terbesar se-Indonesia yang mengangkat tema Implementasi Statistika Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Guna Menyongsong MEA 2015 yang akan berlangsung tanggal dan sampai dengan 10 September 2015 di gedung IPB," jelas M. Febryanto, Panitia ISCO 2015. 

Dirinya menjelaskan dalam kegiatan ini rencananya akan menghadirkan Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla (Wakil Presiden Indonesia), Mochamad Ridwan Kamil, S.T. MUD. (Wali Kota Bandung), Prof. Drs. H. Muhammad Nasir, M.Si, Akt, Ph.D (Menteri Riset dan Teknologi), Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan), Didiet Maulana (Co Founder), Natali Ardianto (Co Founder).  

Untuk mempersiapkan acara, lanjut dia, Panitia telah menyusun rangkaian kegiatan dari ISCO ini adalah seminar nasional (seminar pleno dan seminar paralel), motivation show, Youth Statistician Forum (YSF), pelatihan analisis data menggunakan software, perlombaan bagi mahasiswa yang meliputi Kompetisi Statistika Nasional, Kompetisi Esai Nasional, dan Kompetisi Skripsi Statistika serta perlombaan bagi siswa-siswi SMA yang meliputi statistician game dan lomba paper SMA dengan jumlah peserta yang melibatkan 1000 peserta, 150 panitia, dan 100 undangan dari seluruh Indonesia.

Indonesia Statistics Conference dan Olympiad (ISCO) Bogor, 8-10 September 2015

Departemen Statistika Institut Pertanian Bogor dan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik bekerja sama dengan ISI (Ikatan Perstatikan Indonesia) menghadirkan event “1st Indonesia Statistics Conference and Olympiad”, sebuah event yang terdiri dari berbagai perlombaan statistika dan Seminar Nasional Statistika yang berlangsung selama tiga hari hari dengan tema “Implementasi Statistika dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Guna Menyongsong MEA 2015”. Sebuah rangkaian acara yang dilaksanakan tiga hari. Acara pada hari pertama yang telah dilaksanakan di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, hari kedua di IPB dan STIS, dan pada hari ketiga yang merupakan puncak acara dilaksanakan di IPB International Convention Center (IICC), Bogor. 

Acara puncak pada hari ketiga adalah acara seminar nasional ISI-BPS sekaligus Awarding Ceremony. Seminar ISI-BPS ini dimoderatori oleh Leonard Samosir, yang juga alumnus IPB angkatan 30. Pemateri pertama pada seminar ini adalah Abdullah Azwar Anas, M.Si, Bupati Banyuwangi, selanjutnya adalah Daniel Tumiwa, BSc, CEO OLX, Drs. Kresnayana Yahya, M.Sc, pengamat Statistika dari Institut 10 November, narasumber selanjutnya dari LPEM Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Dr. I Kadek Dian Sutrisna, S.E, M.Sc. Kemudian dilanjutkan presentasi oleh komisaris Bank Mandiri, Aviliani, dalam hal ini dihadiri oleh Adi Hadianto dosen Fakultas Ekoomi dan Manajemen institut Pertanian Bogor. 

Pada penghujung acara, ditutup dengan awarding ceremony yang berisi pengumuman para pemenang kompetisi. Award pertama ditujukan pada kompetisi siswa SMA yaitu Statistician Game, Juara Harapan 2 Siti Sarah dan Yurni Shabrina dari SMAN 1 Palembang, Juara Harapan 1 diraih Nadila Intan S Tyas Puji Utami dari SMAN 1 Pringsewu, juara 3 diraih Nephia Wahyu Dinde dan Risa Latulayuni dari SMAN 1 Praya Lombok, juara 2 diraih oleh Noviana Anggraeni dan Eka Fitriastutik dari SMAN 1 Ngawi, juara 1 diraih Dinda Yora Islami dan Fitri Ramadhanti dari SMAN 1 Padang Panjang Sumatera Barat. Untuk Lomba Paper Statistika Nasional, juara 3 diraih oleh Erwan Yova Ady P. dari SMAN 1 Ponorogo, juara 2 diberikan kepada Zahara Riri Zakia dari SMAN 2 Bandar Lampung, dan juara pertama diraih oleh Salma Ainindita Syafira SMA Plus Bina Bangsa Sejahtera Bogor. 

Selanjutnya pengumuman untuk Kompetisi Essai Nasional, untuk juara harapan dua diraih oleh Zulfikar Halim Lumintang dan Restu Prasetyo (STIS) dengan judul Essai “Ekonomi Kreatif Indonesia Menuju MEA 2015 : Optimalisasi Potensi Indonesia Menjadi Raja Jamu Tradisional di Asia Tenggara”. Juara Harapan 1 diraih oleh Surya University dengan anggota tim Ryan Aditya dan Arnold PW judul essai “Tenaga Kerja Indonesia dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015”. Juara 3 diraih oleh Hendy Okta Kurniawan dan Amalia EPH dari IPB dengan judul “Curug-curug Mini Produk Penunjang City Branding Kota Bogor yang Baru sebagai Kota Curug dengan Miniatur Hiasan Ruang Penggerak Ekonomi Kreatif Masyarakat Lokal”. Juara 2 diberikan kepada Zanial Fahmi Firdaus dan Arista (STIS) dengan judul “Skema Pengembangan Kreatif sebagai Strategi Peningkatan Daya Saing Industri Kreatif  Indonesia berbasis Quadruple Helix Model”. Dan juara 1 diraih oleh Muhammad Mufli dan Karolina Widiastuti (Universitas Brawijaya) dengan judul essai “Re-Branding Kain Sasirangan Melalui Diversifikasi Produk Fashion Berdaya Saing Menuju Pasar AEC 2015”.  

Untuk Kompetisi Skripsi Statistika diraih oleh Murih Pusparum dari Institut Pertanian Bogor. Selanjutnya pengumuman Kompetisi Statistika Nasional, untuk juara harapan dua diraih oleh Muhammad Zaini dari IPB, juara harapan 1 diraih oleh Ari Purwanto Sarwo Prasojo dari Universitas Brawijaya, juara 3 diraih oleh Markazul Adabiyah dari IPB, juara 2 atas nama Herul Hidayatullah dari IPB dan juara pertama diraih oleh Gede Agus Eka Sanjaya. Berdasarkan akumulasi poin juara umum 1th Indonesia Statistics Conference and Olympiad  tingkat mahasiswa jatuh pada Institut Pertanian Bogor (IPB). Dengan total hadiah untuk seluruh kompetisi Rp. 35.000.000.000,00. (Rilis)



Diberdayakan oleh Blogger.