header_ads

Linguaphone.id

Kota Bogor Melayani KTP Musiman

BERITA BOGOR - KTP Musiman Untuk Pendatang Tanpa Identitas. 

Bertambahnya jumlah pendatang baru di Kota Bogor, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) berencana untuk membuatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Musiman bagi para pendatang yang belum memiliki identitas dan tidak menetap di Bogor. 

“Ada yang di izinkan selama tiga bulan atau enam bulan. Untuk yang pindah ke Kota Bogor, Disdukcupil akan meminta keterangan surat pindah dari tempat tinggalnya dulu. Agar dapat menetap dan resmi menjadi warga Kota Bogor,” kata Kepala Bidang Pendudukan Disdukcapil Kota Bogor, Agus Suparman, Selasa (28/7/2015). 

Lebih lanjut Agus mengatakan, pihaknya juga mencatat ada 3.100 pendatang baru selama tiga hari, terhitung sejak tanggal 22 Juli sampai 24 Juli. Artinya, terdapat 1.000 pendatang baru dalam waktu
sehari di Kota Bogor. “Mereka semua ada yang mencari pekerjaan, ada yang berdagang di sini, dan ada yang bersekolah,” tandasnya. 

Selain mencatat penduduk Kota Bogor, lanjut Agus, Disdukcapil juga mencatat data para pendatang baru dengan menggandeng beberapa perusahaan dan dinas lainnya, diantaranya, seperti Bus Lorena, Agramas, Damri, serta Terminal Baranangsiang.

Disdukcapil juga bekerjasama dengan pihak kelurahan dan Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya (DLLAJ). “Kita juga mengadakan survey random karena tidak mungkin kita melakukan pendataan di 68 kelurahan,” ujarnya. 

Menurut Bagus, para pendatang memiliki tujuan yang beragam. Selain yang ingin menetap dan mencari pekerjaan, ada juga yang hanya silaturahmi sementara dan juga kepentingan sekolah. Biasanya, yang berkepentingan pendidikan adalah mahasiswa Institute Pertanian Bogor (IPB) dan lainnya. (wd/red)


Diberdayakan oleh Blogger.