header_ads

Linguaphone.id

BPPKB Tingkatkan Sarana Prasarana Kabupaten Layak Anak

BERITA BOGOR - Pemkab Bogor Optimis Wujudkan Kabupaten Layak Anak. 

Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Bogor meningkatkan sarana dan prasarana untuk mewujudkan Kabupaten Bogor Layak Anak dan terbangunnya sejumlah sarana prasaran mulai dari kelembagaan, hak sipil dan kebebasan, kesehatan dan pendidikan yang ramah anak. 

Kepala Bidang Kesejahteraan Perlindungan Anak BPPKB Kabupaten Bogor, Yanti Gunayanti, saat ini ia telah berhasil membangun empat  indikator menuju Kabupaten Layak Anak, seperti indikator kelembagaan, hak sipil dan kebebasan, indikator kesehatan seperti angka asi ekslusif sudah tinggi, fasilitas ruang ramah anak disejumlah rumah sakit. 

"Terdapat juga sarana dan prasarana ruangan khusus untuk kekerasan ibu dan anak, serta terdapat 12 sekolah inklusif yang ramah anak. Kami juga sudah memiliki fasilitas ruang sidang khusus anak dan ruang teleconfrence untuk anak di pengadilan negeri Cibinong. Sehingga anak-anak yang memiliki  urusan hukum tidak trauma masuk sidang karena sudah ramah anak,” ujar Yanti. 

Menurutnya, di Kelurahan Tengah Kecamatan Cibinong sudah terdapat perubahan yang signifikan terkait sarana dan prasarana ramah anak, seperti posyandu modern, ruang pojok asi, ruang pojok baca, dan tercapainya kepemilikan akte kelahiran yang mencapai 100 persen. Kerja keras ini sudah diprestasikan kepada tim penilai dan evaluasi Kabupaten/Kota Layak anak dari Kementerian Pemberdayaan Anak dan Perempuan. 

Dalam kesempatan tersebut, Yanti juga berharap sarana dan prasarana bisa lebih dioptimalkan seperti adanya jalur khusus untuk para disabilitas khususnya anak, umumnya seluruh masyarakat Kabupaten Bogor. (rido) Editor: Robby



Diberdayakan oleh Blogger.