header_ads

Linguaphone.id

Bogor Butuh Waduk

BERITA BOGOR - Bogor Butuh Waduk Guna Atasi Kekeringan Lahan Pertanian. 

Musim kemarau berkepanjangan yang berdampak pada ancaman kekeringan dan krisis air bersih membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mendistribusikan bantuan air bersih untuk warganya. 

Tak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Bogor juga berencana untuk membangun waduk serta embung sebagai sarana penampung air dikala musim hujan, agar saat kemarau bisa digunakan untuk mengairi persawahan warga. 

“Pemkab Bogor akan segera dibangun sebuah waduk di Cijurai Tanjung Sari dan enam cekungan disentra pertanian lainnya seperti Jonggol, Cariu, Sukamakmur, dan Ciampea. Ini bertujuan untuk membantu ketersediaan air bagi persawahan warga saat musim kemarau seperti ini, agar jangan sampai warga gagal panen lagi,” kata Bupati Bogor Nurhayanti, kamis (30/7/2015). 

Menurutnya, akibat kekeringan yang melanda wilayah Jawa Barat dua bulan terakhir ini, sebanyak 2.300 hektare sawah mengalami puso/gagal panen dan 7.000 hektare sudah terancam gagal panen. Pemkab Bogor bersama DPRD Kabupaten Bogor, anggota DPR RI dari dari daerah pemilihan Bogor serta Gubernur Jawa Barat akan membantu pembuatan embung dan waduk tersebut agar disetujui pemerintah pusat. 

“Kami akan rencanakan dulu rancangan embung dan waduk, lalu perkirakan berapa anggaran yang dibutuhkan, lalu diusulkan ke pemerintah pusat melalui anggota DPR,” tutupnya. (wd/red)


Diberdayakan oleh Blogger.